Site icon Kolom Desa

DPMPD Halbar Dorong Pembangunan Desa Kawasan dan Potensi

Ilustrasi desa berbasis kawasan dan potensi Sumber Foto: Pixabay

Ilustrasi desa berbasis kawasan dan potensi Sumber Foto: Pixabay

HALMAHERA BARAT –  Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar) tahun 2023 ini tengah menyiapkan desa berbasis Kawasan dan Potensi. Program ini dilakukan agar desa yang satu karakter dapat dianalisis potensi unggulan desanya masing-masing sehingga semua kebutuhan desa dapat dianalisis potensi ekonomi dan infrastrukturnya.

 

“Misalkan di Kecamatan Ibu Tengah itu potensinya buah Salak dan Ibu Tabaru berbasis wisata itu dokumennya sudah tahap persiapan,” kata Kepala Dinas PMPD Halba Soni Balatjai dalam keterangan persnya, Senin (8/5/2023).

 

Soni menambahkan, jika pihaknya tengah mendorong sejumlah desa di beberapa Kecamatan untuk membangun desa berbasis Kawasan dan Potensi. Seperti Kecamatan Sahu dan Sahu Timur, saat ini sedang dalam proses penggodokan oleh tim akademisi dari STPK Banau dan dukungan Camat. Soni menyebut proses persiapan tersebut akan segera rampung dalam waktu dekat.

 

“Jadi ada sekitar 12 kawasan pedesaan yang sedang disiapkan, jika tuntas bakal diluncurkan nantinya,” ungkap Soni .

 

Soni menuturkan, langkah-langkah tersebut akan secara otomatis menciptakan desa-desa berbasis data atau dokumen. Nantinya data atau dokumen tersebut akan berguna dalam pengajuan usulan ke pemerintah pusat yang membutuhkan data pendukung riil.

 

“Karena untuk mendapatkan perhatian juga usulan ke pemerintah pusat harus ada data pendukung yang riil,” tutup Soni.

 

 

Penulis: Erdhi

Editor: Soleha.tn

Exit mobile version