Sungai Bua Meluap, Beberapa Desa di Luwu Terendam Banjir

Ilustrasi Banjir Sumber: Freepik
Ilustrasi Banjir Sumber: Freepik

LUWU – Beberapa Desa  di wilayah di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan terendam banjir. Selain melumpuhkan jalan raya, air yang berwarna kecoklatan dan disertai arus sedang itu juga telah merendam bagian dalam rumah warga.

 

“Adapun yang terkena dampak banjir wilayah Kecamatan Bua adalah Kelurahan Sakti, Desa Tanarigella, Desa Barowa Desa Pabbaresseng dan Desa Padang Kalua,” ujar Kapolres Luwu, AKBP Arisandi, Senin (8/5/2023).

 

Ia mengatakan bahwa banjir mulai terjadi pada pukul 18.00 WITA akibat curah hujan tinggi sehingga mengakibatkan meluapnya sungai Bua.

 

“Banjir di wilayah Kecamatan Bua akibat intensitas curah hujan yang tinggi pada bagian hulu sungai Bua serta naiknya air pasang di perairan teluk Bone yang mengakibatkan air sungai Bua meluap dan menggenangi pemukiman warga yang ada di sekitar bantaran sungai Bua,” Terangnya.

 

Saat ini, pihak BPBD, Basarnas bersama aparat setempat telah bersiaga di lokasi dan masih melakukan pendataan.

 

“Sejumlah warga dievakuasi oleh tim SAR gabungan, termasuk warga yang membawa kendaraan roda dua kami bantu dan dibawa ke tempat titik kumpul sambil menunggu surutnya air karena jalan di sudah layaknya sungai,” ujar Camat Bua Satti Latif.

 

Selain itu, Kepala Desa Pabbaresseng, Bugedang mengatakan warga yang rumahnya terendam memilih mengungsi ke tempat lebih aman karena khawatir akan terjadi banjir susulan yang lebih tinggi.

 

“Selain menghindari arus deras warga juga mengungsi mencari tempat perlindungan yang aman, karena ketinggian banjir di Desa Pabbaresseng sudah sampai 80 sentimeter dan terlihat masih mengalami kenaikan sehingga warga mengungsi,” tutur Bugedang.

 

Penulis: Alfan

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *