Gubernur Maluku Ajak Pemdes Optimalkan Dana Desa

Gubernur Maluku hadiri Pencanangan Percepatan Penurunan Kemiskinan Ekstrim dan Pelaksanaan Pekan Imunisasi Dunia di Desa Air Buaya, Minggu (7/5/2023). Sumber Foto: Istimewa
Gubernur Maluku hadiri Pencanangan Percepatan Penurunan Kemiskinan Ekstrim dan Pelaksanaan Pekan Imunisasi Dunia di Desa Air Buaya, Minggu (7/5/2023). Sumber Foto: Istimewa

BURU – Gubernur Maluku Murad Ismail mengajak pemerintah desa untuk mengoptimalkan penggunaan dana desa dalam upaya membangun Provinsi Maluku. Hal tersebut disampaikan Murad dalam acara pencanangan percepatan penurunan kemiskinan ekstrim dan pelaksanaan Pekan Imunisasi Dunia 2023 di Desa Air Buaya, Minggu (7/5/2023).

 

“Saya minta dari camat, Kades, hingga Bupati, dengan adanya dana desa kita bangun Maluku mulai dari pulau-pulau terluar dan terdepan hingga kedalam,” ujar Murad.

 

Menurut Murad, Provinsi Maluku tidak memiliki desa dengan kategori miskin ekstrim. Hal tersebut lantaran masyarakat memiliki rumah yang tergolong lengkap dan memadai seperti jendela hingga pintu.

 

“Kemiskinan ekstrim itu orang yang punya rumah tapi tidak punya jendela dan pintu, tapi di Maluku tidak didapati kemiskinan seperti hal tersebut,” ungkap Murad.

 

Murad menambahkan bahwa Maluku adalah provinsi dengan kekayaan alam yang besar dimana terdapat potensi kekayaan alam seperti Gas dan Minyak yang tersebar di semua selat kabupaten. Namun dengan wilayah yang sangat besar, APBD Maluku tergolong kecil sehingga menjadi kendala penanganan kemiskinan.

 

“Maluku itu sangat kaya, yang mana di semua selat kabupaten/Kota ada minyak dan gas yang dapat dikelola, Maluku juga memiliki luas wilayah yang sangat besar tapi APBD sangat kecil, bagaimana kita bisa talangi kemiskinan,” tutup Murad.

 

 

Penulis: Erdhi

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *