Site icon Kolom Desa

Tiga Desa di Kupang Diterjang Puting Beliung

Angin Puting Beliung Sumber. Istimewa

Angin Puting Beliung Sumber. Istimewa

KUPANG – Sebanyak 32 rumah di Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya (SBD), Nusa Tenggara Timur (NTT), rusak akibat diterjang puting beliung. Puluhan rumah yang rusak itu, tersebar di Desa Ate Dalo, Desa Tanjung Karoso, Desa Wura Homba, dan Kelurahan Homba Rande.

 

“Berdasarkan pendataan yang dilakukan BPBD terdapat tiga desa dan satu kelurahan di Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya yang terdampak bencana alam angin puting beliung pada Sabtu (29/4) lalu. Bencana ini juga menyebabkan empat orang warga meninggal dunia dan empat orang luka-luka. Korban luka-luka saat ini sudah sembuh,” kata Kepala BPBD Kabupaten Sumba Barat Daya Samuel Boro, Jumat, (5/5/2023).

 

Hingga saat ini Pemkab Sumba Barat Daya telah membangun posko guna memudahkan pemerintah dalam mendistribusikan bantuan tanggap darurat bagi para korban bencana di empat wilayah itu terlebih wilayah tersebut adalah rawan terhadap bencana alam angin puting beliung.

 

“Daerah yang terdampak itu termasuk daerah rawan bencana alam, baik angin kencang maupun puting beliung,” kata Samuel Boro.

 

Terakhir, ia berharap masyarakat di daerah tersebut selalu waspada saat terjadi hujan lebat disertai angin kencang.

 

“Apabila terjadi angin kencang maupun puting beliung agar mencari tempat aman untuk berlindung, sehingga tidak tertimpa bahan bangunan rumah yang lepas akibat terjangan angin kencang,” pungkasnya.

 

Penulis: Alfan

Editor: Soleha.tn

Exit mobile version