Site icon Kolom Desa

Pemdes Gemantar Dongkrak Potensi UMKM Lewat Gala Kumatar

Festival yg digelar guna meningkatkan UMKM desa. Sumber Foto: jatengprov.go.id

Festival yg digelar guna meningkatkan UMKM desa. Sumber Foto: jatengprov.go.id

 

SOLO – Demi menghidupkan kembali UMKM pasca pandemi, Pemerintah Desa (Pemdes) Gemantar, Kecamatan Selogiri, Wonogiri berinovasi melalui Gala Kumatar. Gala Kumatar merupakan pagelaran lapak kreativitas usaha mikro dan masyarakat Gemantar.

 

“Masyarakat terutama pelaku UMKM kami kumpulkan di lahan sekitar balai desa. Mereka kami sediakan lapak untuk menjual produknya selama sepekan. Tahun lalu digelar pas peringatan HUT Kemerdekaan RI,” kata Sekretaris Desa (Sekdes) Gemantar Ibnu Purwanto, Jumat (5/5/2023).

 

Pandemi Covid-19 berdampak signifikan terhadap sendi-sendi perekonomian rakyat. Event ini lahir, berawal dari kesulitan para pelaku UMKM di Desa Gemantar untuk bangkit. Setelah usaha mereka dihantam pandemi Covid-19. Setelah pandemi mereda pada 2022 lalu, pemdes setempat mencoba berinovasi supaya perekonomian warganya terangkat.

 

Tahun lalu, terdapat sekira 25 pelaku UMKM yang berpartisipasi dalam ajang Gala Kumatar. Mayoritas produk makanan. Selain kuliner, Gala Kumatar juga dihiasi produk UMKM kerajinan tangan alias handycraft.

 

“Ada gempol, cilok kuah, keripik, gethuk, dan lainnya. Kalau makanan berat yang dijual ada pecel, soto, bakso, dan sebagainya. Di sela acara juga dijejali pertunjukan seni budaya. Seluruh kreativitas masyarakat ditampilkan,” imbuh Purwanto.

 

Seni budaya yang dimaksud Purwanto, yakni penampilan drama yang mengangkat cerita rakyat. Tiap dusun di Desa Gemantar wajib memunculkan wakilnya untuk tampil.

 

“Supaya cerita rakyat bisa dikenalkan kepada anak-anak Desa Gemantar. Istilahnya nguri-uri budaya. Selain itu kami juga mengadakan turnamen bulu tangkis khusus warga Gemantar,” bebernya.

 

Purwanto menambahkan, antusiasme warga terhadap Gala Kumatar cukup tinggi. Tak heran warga berharap event ini bisa digelar rutin tiap tahunnya.

 

Kajian yang dipaparkan Purwanto, terkait beragam masukan dari warga. Salah satunya agar cakupan Gala Kumatar diperluas. Supaya bisa menampung lebih banyak pelaku UMKM lainnya.

 

Penulis: Mukhlis

Editor: Rizal

Exit mobile version