Tekan Angka Stunting Setiap Desa, Pemkab Gowa Dirikan Posko Dashat

Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni Sumber: Instagram @H.Abd Rauf Malaganni
Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni Sumber: Instagram @H.Abd Rauf Malaganni

GOWA –  Pemkab Gowa atasi stunting disetiap Desa dengan mendirikan Posko Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat). Program ini dilakukan sebagai upaya untuk menekan angka stunting di daerah tersebut.

 

“Kami berharap dengan adanya Dapur Sehat ini, stunting di Kabupaten Gowa bisa ditekan,” kata Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni saat meninjau Posko Dashat di Desa Tompobalang Gowa, Rabu. (4/5/2023).

 

Kehadiran Posko Dashat di setiap desa ini akan memastikan makan bergizi bisa tercapai sesuai target serta dapat diberikan langsung kepada bayi dan ibu hamil. Sehingga dengan ini penanganan stunting dapat berjalan dengan baik.

 

Selain itu, Abd Rauf yang juga Ketua Tim Percepatan Penanggulangan Stunting (TPPS) Kabupaten Gowa mengatakan, saat ini angka stunting di daerah setempat mencapai 33 persen. Pemerintah Kabupaten Gowa menargetkan penurunan stunting hingga 17 persen pada tahun ini.

 

“Target nasional 17 persen untuk tahun 2023 dan 14 persen untuk tahun 2024. Kami berharap dengan adanya Dapur Sehat ini, jumlah tersebut di Kabupaten Gowa bisa ditekan sehingga bisa mencapai target nasional,” ujarnya. .

 

Untuk mempercepat proses penurunan angka stunting ia mendorong agar setiap desa dapat mendirikan Posko Dashat sebagai gerakan bersama. Tak hanya itu, para petugas yang bekerja harus dengan tulus dalam menyediakan makanan bergizi untuk bayi stunting dan ibu hamil.

 

“Harapan kami dapur umum ini bergerak bersama untuk seluruh Kabupaten Gowa sehingga stunting bisa ditekan. Kami sudah menyampaikan kepada petugas bahwa ini benar-benar mencapai target anak stunting dan ibu hamil,” ujarnya.

 

Pendapat lainnya dikemukakan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Keluarga Berencana (PPKB) Kabupaten Gowa Sofyan Daud tentang jumlah Posko Dashat yang sudah terbentuk.

 

“Semua desa/kelurahan diharapkan terbentuk, hingga saat ini sudah terbentuk 108 desa/kelurahan atau 64,67 persen,” katanya.

 

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni secara simbolis menyerahkan telur dan beras kepada Pemerintah Desa Tompobalang serta menyerahkan langsung makanan bergizi kepada anak-anak stunting dan ibu hamil.

 

Sebagai tambahan informasi kegiatan tersebut turut Wabup Abd Rauf Malaganni didampingi oleh Kabid PPKB Kabupaten Gowa Sofyan Daud, Kadis Kesehatan Kabupaten Gowa Dr. Haris Usman dan Camat Somba Opu Agussalim.

 

Penulis: Alfan

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *