Warga Kebumen Rayakan Lebaran dengan Tradisi Gerobakan

Tradisi Gerobakan meriahkan perayaan lebaran di Desa Jogopaten, Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen Sumber Foto: Istimewa
Tradisi Gerobakan meriahkan perayaan lebaran di Desa Jogopaten, Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen Sumber Foto: Istimewa

KEBUMEN – Lebaran dan berlibur ke pantai menjadi sesuatu hal yang tak bisa dipisahkan bagi sebagian masyarakat Kebumen. Kebumen memiliki tradisi unik dalam merayakan lebaran yaitu bepergian ke pantai dengan menggunakan gerobak.

 

Warga berbondong-bondong pergi ke pantai menggunakan gerobak yang dihias dengan rontek dan umbul-umbul. Tradisi ini sudah berlangsung turun temurun sejak nenek moyang yang hingga kini masih dipertahankan.

 

Seperti sudah jadi aturan tak tertulis, warga setempat datang ke Pantai bocor setiap H+2 Lebaran. Baik orang tua maupun anak-anak akan beramai-ramai pergi ke pantai, dengan menaiki gerobak menuju Pantai Bocor yang berada di Desa Setrojenar Kecamatan Buluspesantren.

 

Jaman dahulu penyelenggaraan tradisi ini berasal inisiatif warga. Saat ini, ide tersebut datang dari para perantauan dengan tujuan nguri-uri tradisi gerobakan.

 

Warga selalu menyambut antusias tradisi Gerobakan ini karena selain menyemarakkan lebaran, kegiatan ini juga sebagai langkah melestarikan budaya. Kegiatan semacam ini juga membuat kerukunan warga selalu terjaga dan bisa menjalin persatuan dan kesatuan masyarakat.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *