Daftar Desa Terkaya di Indonesia dengan Penghasilan Tembus Rp 50 Miliar

Salah Satu Destinasi Desa Terkaya (Pantai Pandawa) Sumber: Instagram @geo_indo
Salah Satu Destinasi Desa Terkaya (Pantai Pandawa) Sumber: Instagram @geo_indo

JAKARTA – Kekayaan alam yang dimiliki di Indonesia membuat para wisatawan mancanegara tertarik untuk mengunjunginya. Hal ini tentu akan berdampak pada perekonomian warga masyarakatnya. Bahkan hasil dari memanfaatkan keindahan alam pendapatan desanya bisa mencapai puluhan miliar dalam pertahunnya.

 

Berikut beberapa desa terkaya yang memanfaatkan hasil sumber daya alam.

 

1.Desa Kutuh (Bali)

 

Desa Kutuh berada di Kuta Selatan, Kabupaten Badung tersebut memiliki tempat wisata pantai dan budaya yang indah untuk menjadi daya tarik wisatawan. Beberapa wisata andalan diantaranya adalah Pantai Pandawa, Atraksi Khusus Linggis Paragliding, dan Gunung Payung Cultural Park. Pendapatan Desa Kutuh mampu menembus angka Rp 50 miliar per tahunnya.

 

2.Desa Ponggok (Jawa Tengah)

 

Desa Ponggok terletak di Kabupaten Klaten. Desa ini mampu menarik puluhan ribu wisatawan hanya dalam satu pekan. Salah satu destinasi wisata yang ramai adalah Umbul Ponggok yang merupakan mata air dan dimanfaatkan menjadi objek wisata. Pendapatan desa tersebut mampu berkembang dengan menembus angka Rp 14 miliar.

 

3.Desa Bendar (Jawa Tengah)

 

Desa ini berada di Juwana, Pati, Jawa Tengah.  Kekayaan desa ini bukan dari sektor destinasi wisatanya melainkan mayoritas warganya yang berprofesi sebagai nelayan. Mereka memiliki penghasil yang besar, yaitu di kisaran Rp 80 juta – Rp100 juta dalam satu bulannya.

 

4.Desa Waturaka (Nusa Tenggara Timur)

 

Desa Waturaka terletak di Kecamatan Kelimutu, Ende, Nusa Tenggara Timur. Banyak para turis yang tertarik mengunjungi desa tersebut karena kebiasaannya mengajak para pengunjung beraktivitas layaknya masyarakat asli Desa Waturaka.

 

5.Desa Teluk Meranti (Riau)

 

Desa ini sangat populer khususnya bagi orang-orang yang suka berselancar. Terletak di Riau, banyak peselancar dari dalam maupun luar negeri mengunjungi Riau untuk merasakan Ombak Bono. Di Desa Teluk ini juga terdapat beberapa objek wisata serta kegiatan budaya lainnya yang juga menarik untuk diikuti.

 

Penulis: Alfan

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *