Suasana Lebaran di Desa yang Unik

Pawai Obor Sumber: Instagram @phferr._
Pawai Obor Sumber: Instagram @phferr._

JAKARTA – Kebiasaan orang Indonesia sudah biasa menyambut hari raya idul Fitri dengan lebaran. Hal tersebut menjadi momen yang sangat ditunggu, diprioritaskan dan menjadi topik yang asik untuk selalu dibahas, terlebih suasana lebaran di desa menjadi hal yang sangat menarik dibanding lebaran di kota.

 

Sehingga tak heran kalau suasana lebaran di desa lebih ramai jika dibandingkan dengan kota. Begini suasana lebaran di desa yang unik dan akan selalu dirindukan.

 

Takbir Keliling

 

Takbir keliling menjadi suasana lebaran yang tidak pernah terlewatkan. Umumnya mereka akan berjalan mengelilingi kampung ditemani obor dan mengumandangkan takbir ada pula yang menggunakan mobil pick up atau mobil pemuat barang yang berisis pengeras suara untuk mengiringi takbir keliling.

 

Takbir di Mushola dan Masjid

 

Selain takbir keliling ada pula yang mengumandangkan takbir di Mushola atau masjid dengan diiringi pukulan bedug dengan penuh semangat. Hal ini umum dilakukan oleh orang dewasa maupun anak-anak, umumnya mereka akan melakukan sampai malam suntuk bergantian hingga menjelang sholat ied.

 

Berkunjung Ke Tetangga

 

Setelah melakukan sholat ied, mereka akan berkunjung kepada keluarga untuk saling memberikan maaf terutama kepada orang tua jika masih ada, kemudian dilanjutkan kepada orang yang lebih tua untuk dimintai maaf terlebih dahulu. Kemudian hal tersebut dilanjutkan untuk memberikan maaf kepada tetangga terdekat.

 

Ziarah Kubur

 

Meski kadang dilakukan sehari sebelum lebaran, tapi masih ada pula mereka yang melakukan ziarah kubur pasca melakukan sholat ied. Hal tersebut biasanya dilakukan kepada orang terdekat yang sudah meninggal dengan memberikan permintaan maaf dan mendoakannya.

 

Penulis: Alfan

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *