Cek Kondisi Mobil Anda Sebelum Mudik Lebaran 2023, Begini Langkahnya

Ilustrasi Service Mobil Sumber: Freepik
Ilustrasi Service Mobil Sumber: Freepik

JAKARTA – Mudik menjadi kegiatan rutin masyarakat Indonesia untuk pulang ke kampung halaman saat lebaran Idul Fitri. Waktu mudik yang bersamaan dan jarak tempuh yang jauh perlu kiranya mempersiapkan diri sebelum melakukan pemberangkatan salah satunya adalah mempersiapkan kondisi kendaraan seperti mobil. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada bagian komponen tertentu. Berikut 10 langkah untuk menjaga performa mobil Anda bisa tetap prima.

 

Selang dan belt

 

Cek terlebih dahulu selang dan belt untuk memastikan tidak ada yang retak, rapuh, gosong, longgar, atau menunjukkan tanda-tanda aus.

 

Ban

 

Selanjutnya, cek kondisi ban termasuk tekanan dan ketebalan ban. Ketidaksamaan jejak pemakaian menandakan Anda perlu melakukan penyesuaian ban. Cek juga keberadaan titik kebotakan dan kembung pada ban.

 

Cairan

 

Perhatikan cairan yang ada pada kendaraan seperti oli mesin, power steering, rem dan transmisi, serta cairan pembersih pada wiper dan antifreeze atau coolant.

 

Wiper dan lampu

 

Cek fungsi pencahayaan pada kendaraan hal ini untuk menghindari kondisi jalanan saat gelap dan mobil lain bisa melihat mobil Anda. Cek seluruh lampu interior dan eksterior. Bila ada yang tidak berfungsi, ganti sesegera mungkin supaya tidak menghambat aktivitas berkendara Anda.

 

Baterai

 

Cek baterai dan ganti bila perlu. Pastikan konektornya bersih, tidak kendor, dan bebas karat.

Rem

 

Cek brake system setiap tahunnya. Setiap kali mengganti oli, selalu cek kualitas brake lining, rotor, dan drum.

 

Knalpot

 

Hindari suara knalpot yang aneh, bila mendengar suara tidak wajar. Melalui suara Anda bisa mendapatkan peringatan adanya kebocoran. Kebocoran pada knalpot dapat berbahaya ke penghuni kabin jadi harus segera diperbaiki.

 

Tune up

 

Lakukan tune-up secara berkala untuk membantu mesin mobil Anda memberikan performa mesin maksimal namun hemat bahan bakar serta memproduksi gas buang sekecil mungkin. Selalu lakukan tune-up di bengkel yang terpercaya.

VAC

 

perhatikan sistem pemanas, air conditioning, dan ventilasi (HVAC) karena performa pemanas dan pendingin sangat penting bagi kenyamanan pengemudi dan penumpang.

 

Suspensi dan steering

 

Cek sistem suspensi dan steering setiap tahun termasuk shock absorbers, struts, dan bagian-bagian lain seperti ball joints, tie rods ends, dan komponen lainnya.

 

Pastikan langkah-langkah ini Anda lakukan sendiri di rumah. Bila menemukan keanehan pada beberapa komponen, sebaiknya serahkan ke tangan yang ahli.

Penulis: Alfan

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *