Telkom Wujudkan Pembangunan Desa Melalui Penerapan Sustainable Tourism Development

Salah satu spot wisata Desa Timbuseng Sumber: profil.digitaldesa.id
Salah satu spot wisata Desa Timbuseng Sumber: profil.digitaldesa.id

JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) wujudkan pembangunan desa mandiri melalui penerapan program Sustainable Tourism Development. Upaya tersebut dilakukan Telkom untuk pengembangan konsep berwisata yang berdampak jangka panjang baik terhadap lingkungan, sosial, budaya, serta ekonomi masyarakat lokal.

 

Program tersebut saat ini sudah terimplementasi di berbagai desa wisata Indonesia salah satunya terletak berlokasi di Desa Timbuseng, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa. Desa Timbuseng berpotensi untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata alam karena memiliki sumber daya flora dan fauna yang beragam.

 

Masyarakat Desa Timbuseng dibantu Telkom menginisiasi pembentukan Ekowisata Bambu Desa Timbuseng karena terdapat kawasan hutan bambu di desa tersebut. Dalam implementasinya, masyarakat akan diberikan berbagai pelatihan pengolahan kerajinan bambu yang bertujuan untuk memberdayakan pemuda lokal untuk menghasilkan produk kerajinan yang bernilai dan menciptakan peluang usaha.

 

Untuk melengkapi daya tarik kawasan Ekowisata Bambu Desa Timbuseng, Telkom juga mendirikan fasilitas penunjang seperti jembatan, kedai/warung kuliner, serta spot foto. Terbentuknya kelembagaan Ekowisata Bambu Desa Timbuseng juga menggerakkan masyarakat dan pemerintah lokal untuk turut berpartisipasi dalam pengembangan desa wisata.

 

SGM Community Development Center Telkom, Hery Susanto mengatakan PT Telkom Indonesia memberikan manfaat kepada masyarakat dengan menjalankan pembangunan lingkungan dan sosial yang terarah. Harapannya Telkom mampu mengakomodasi pengembangan daerah berpotensi lainnya di Indonesia.

 

“Program pembangunan lingkungan dan sosial dijalankan oleh Telkom secara penuh dengan prinsip yang lebih terintegrasi, terarah, serta terukur dampaknya untuk dapat dipastikan kebermanfaatannya oleh masyarakat. Kedepannya diharapkan Telkom dapat terus menghadirkan program yang solutif untuk dapat lebih megembangkan daerah berpotensi lainnya di Indonesia dengan tetap mengutamakan pendekatan bisnis perusahaan,” tutup Hery.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *