Sembilan Desa di Barito Utara Segera Dialiri Listrik

Ilustrasi meteran listrik Sumber foto: Pixabay
Ilustrasi meteran listrik Sumber foto: Pixabay

BARITO UTARA – Sebanyak sembilan desa di Kecamatan Teweh Timur dan Teweh Baru akan segera dialiri listrik. Realisasi listrik di sembilan desa tersebut akan dilakukan oleh PT. PLN melalui Unit Pelaksana Proyek Ketenagalistrikan (UP2K) Provinsi Kalimantan Tengah.

 

Kesembilan desa yang akan dialiri listrik tersebut meliputi Desa Jamut, Sei Liju, Mampuak I, Mampuak II, dan Sampirang I di Kecamatan Teweh Timur. Kemudian Desa Sikui, Panaen dan Sabuh di Kecamatan Taweh Baru.

 

“Aliran listrik ini sangat diharapkan dan ditunggu oleh masyarakat Kecamatan Taweh Timur terutama enam desa yang rencananya diusulkan akan dialiri listrik dan masyarakat sangat antusias mendengar kabar akan adanya listrik masuk desa mereka,” kata Camat Taweh Timur, Walter, Kamis (13/4/2023).

 

Pihaknya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan dari Pemkab Barito Utara yang bisa merealisasikan bantuan listrik di wilayahnya. Walter juga menyampaikan terima kasih kepada PT. PLN UP2K Kalteng yang sudah mengakomodir permohonan dari Pemerintah Kecamatan Teweh Timur untuk percepatan interkoneksi listrik di wilayah tersebut.

 

“Kami juga sampaikan ucapan terima kasih kepada Camat Teweh Baru atas bantuan dan dukungan yang sudah mengakomodir untuk jalur yang masuk wilayah Pemerintah Kecamatan Teweh Baru,” kata Walter.

 

Walter berharap dukungan dari masyarakat,  agar dalam kegiatan ini warga di sembilan desa dua kecamatan untuk tidak menuntut ganti rugi lahan dan tanam tumbuh karena untuk hal tersebut memang tidak ada anggaran. Menurut Walter ini merupakan program pemerintah yang harus kita dukung agar masuknya listrik di wilayah Kecamatan Teweh Timur dan Kecamatan Teweh Baru.

 

Pemerintah kecamatan, hanya diberikan waktu selama 30 hari untuk melaksanakan pembersihan lahan dan tanam tumbuh. Apabila ada kendala sengketa yang menghambat pekerjaan maka dari pihak PT PLN UP2K Kalteng tidak akan melaksanakan pemancangan tiang listrik dan pemasangan jalur listrik dan jalur listrik yang ada akan dipindahkan dan direlokasikan ke desa lain di Kalteng.

 

“Semoga pertengahan bulan Mei akan datang setelah Lebaran untuk pemancangan tiang dan pemasangan jalur listrik dan sudah dimulai pemancangan tiang dan pemasangan jalur listrik dan semoga tidak ada kendala menuju merdeka listrik di Kabupaten Barito Utara,” pungkas Walter.

 

 

Penulis: Erdhi

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *