Site icon Kolom Desa

Lima Desa Wisata Jawa Timur Miliki Ciri Khas Unik

Wisata alam Sendang Seruni yang jadi salah satu daya tarik di Desa Wisata Tamansari Sumber: tamansariijen.com

Wisata alam Sendang Seruni yang jadi salah satu daya tarik di Desa Wisata Tamansari Sumber: tamansariijen.com

SURABAYA – Jawa Timur adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak desa wisata yang jumlanya lebih dari 1.000 desa wisata. Desa wisata yang ada di Jawa Timur tidak hanya menawarkan pemandangan alam, akan tetapi juga memiliki potensi dari segi budaya dan sejarah.

 

Secara harfiah, desa wisata bisa diartikan sebagai destinasi wisata berbasis desa yang menyuguhkan keunikan budaya, keindahan alam dan bahkan dapat berinteraksi dengan warga setempat. Kehadiran desa wisata Jawa Timur diharapkan bisa membawa dampak positif terutama terhadap peningkatan ekonomi masyarakat desa.

 

Berikut rekomendasi lima Desa Wisata di Jawa Timur Dirangkum dari berbagai sumber:

 

  1. Desa Guwoterus, Tuban

Salah satu desa wisata di Kabupaten Tuban merupakan Desa Wisata Guwoterus yang menawarkan atraksi offroad dan juga wisata edukasi alam. Selain offroad, Desa WIsata Guwoterus juga menawarkan berbagai objek wisata alam lainnya, seperti Goa Putri Asih, Air Terjun Ngelirip dan Sumber Air Krawak.Selain itu di Desa Guwoterus juga terdapat berbagai objek wisata alam, seperti Goa Putri Asih, Air Terjun Ngelirip dan Sumber Air Krawak.

 

  1. Desa Tamansari, Banyuwangi

Objek yang disuguhkan Desa Wisata Tamansari adalah objek wisata alam seperti kampung susu, kampung bunga, dan hutan pinus. Desa yang terletak di Kecamatan Licin populer dikenal karena menjadi tempat persinggahan untuk menuju wisata alam Kawah Ijen.

Desa Wisata Tamansari juga menawarkan pengalaman menyaksikan produksi kopi khas yang dimiliki desa. Selain itu, wisatawan juga bisa membeli produk kopi tersebut untuk membantu meingkatkan perekonomian masyarakat desa.

  1. Desa Kemiren Osing, Banyuwangi

Desa Wisata Kemiren Osing merupakan salah satu desa di Banyuwangi yang banyak dihuni oleh masyarakat suku Osing yang merupakan keturunan dari Kerajaan Blambangan. Salah satu tradisi yang masih dilestarikan adalah Gedhongan atau menumbuk dengan alat tradisional yang dilakukan oleh para wanita dan nantinya akan menimbulkan suara atau musik yang enak didengar.

 

  1. Kampung Kungkuk, Batu

Kampung Kungkuk adalah salah satu desa wisata di Kota Batu yang menyajikan suasana alam yang indah.

Di desa ini wisatawan akan disuguhkan beberapa pilihan wisata seperti outbound, flying fox dan juga dapat mencoba belajar di sekolah alam yang memberikan edukasi mengenai bercocok tanam.

 

  1. Desa Pujon Kidul, Malang

Desa Pujon Kidul menawaran pemandangan alam dengan nuansa pedesaan yang asri. Wisatawan yang berkunjung juga dapat membeli oleh-oleh khas dari desa ini. Selain itu di desa ini terdapat spot foto yang Instagramable di area Kafe Sawah yang juga menyuguhkan pemandangan sawah dengan makanan khas pedesaan.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Soleha.tn

Exit mobile version