Ingin Tinggal di Desa? Berikut Beberapa Tantangan Saat Tinggal di Desa

Ilustrasi Gambaran tinggal di Pedesaan. Sumber Foto: pixabay.com
Ilustrasi Gambaran tinggal di Pedesaan. Sumber Foto: pixabay.com

JAKARTA- Tinggal di pedesaan dapat menjadi pilihan baik bagi kita yang merasa jenuh dan merasakan kebisingan saat tinggal di kota. Kita dapat merasakan udarah sejuk dan asri saat tinggal di desa serta memberikan rasa tenang setelah kita beraktivitas seharian.

 

Apalagi jika desa yang kita tinggali memiliki sungai mengalir dengan air yang jernih, kita pun bisa memanfaatkannya untuk banyak hal. Oksigen yang berlimpah juga bisa memberikan semangat untuk kita memulai aktivitas di pagi hari.

 

Namun, dibalik manfaat itu, ada juga kesulitan atau tantangan yang dirasakan ketika tinggal di desa. Kali ini kolom desa akan merangkum beberapa kesulitan yang mungkin bisa kita dapatakan saat tinggal di wilayah pedasaan. Terlebih untuk kita yang baru saja pindah dari kota ke desa, sehingga kita harus beradaptasi dengan sedikit lebih keras untuk menjalani kehidupan di desa.

 

  1. Makanan Seadanya

Jika di Kota kita dapat menyantap berbagai aneka ragam makanan sewaktu-waktu, namun di desa kita tidak dapat menemui kondisi seperti itu dengan mudah. Hidup di desa juga berarti harus belajar untuk beradaptasi dengan ketersediaan makanan seadanya.

Jika kita bosan dengan jajanan yang ada di desa, kita harus pergi ke kota dan membeli stok jajanan. Meski begitu makanan yang kita dapat di desa cenderung masih alami dan terhindar dari bahan pengawit.

 

  1. Transportasi

Kita tahu, biasanya wilayah pedesaan untuk akses transportasi cenderung menjadi kendala untuk beraktifitas sehari- hari. Sampai hari ini masih banyak desa yang memiliki akses jalan berlubang dan berkerikil. Hal ini tentunya dapat menjadi penghambat kita untuk melakukan aktifitas yang membutuhkan mobilitas tinggi. Ditambah akses angkutan umum yang terbatas.

 

  1. Ancaman dari Hewan Buas

Di Indonesia, masih banyak wilayah pedesaan yang masih di kelilingi hutan, sawah, dan sungai. Hal tersebut dapat membuat hewan hewan liar masuk ke rumah kita kapan saja. Tentu hal ini membahayakan bagi kita, membuat kita jadi lebih waspada dengan tempat-tempat rawan yang bisa saja dimasuki hewan-hewan tersebut.

 

  1. Cenderung Sepi

Wilayah pedesaan biasanya masih didiami oleh penduduk yang cenderung sedikit. Hal tersebut tentu akan membuat keadaan desa cenderung sepi daripada di kota. Suasana ini akan terasa menjenuhkan bagi kita yang terbiasa hidup di kota dan ingin nongkrong dengan teman-teman.

 

Itulah 4 kesulitan yang di rangkum Kolom Desa. Jika kita punya niatan untuk pindah dari kota ke desa, alangkah baiknya pertimbangkan lokasi desa yang kita pilih. Pilihlah desa yang tidak terlalu jauh dari kota, sehingga proses adaptasi kita tidak terlalu sulit.

 

Penulis: Mukhlis

Editor: Ani

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *