Banjir Bandang Terjang Satu Desa di Malang

Ilustrasi Banjir Sumber. Freepik
Ilustrasi Banjir Sumber. Freepik

MALANG – Banjir bandang yang membawa material lumpur dan kayu menerjang kawasan Desa Ngantru, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Hal tersebut dipicu oleh hujan deras selama beberapa jam di kawasan tersebut.

 

“Hujan terjadi sejak Kamis dini hari dan menyebabkan air Sungai Talang meluap dan membawa material,” ungkap Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang Sadono Irawan. Kamis (14/4/2023).

 

Irawan menerangkan akibat banjir tersebut mengakibatkan satu mushola yang tergenang lumpur. Beruntung kejadian tersebut tidak menelan korban jiwa, karena banjir terjadi tidak dekat dengan area pemukiman warga.

 

Saat ini petugas melakukan pembersihan material banjir bandang bersama sejumlah elemen terkait seperti TNI, Polri dan sejumlah relawan.

 

“Tidak ada korban jiwa. Saat ini kami melakukan pembersihan secara manual, sambil menunggu alat berat,” katanya.

 

Sementara itu, Kapolsek Ngantang AKP Hanis Siswanto menambahkan, banjir bandang tersebut dipicu hujan deras yang terjadi sejak pukul 04.00 WIB di wilayah tersebut. Pada pukul 07.00 WIB, terjadi banjir bandang yang membawa material lumpur, kayu, batu dan bambu yang  mengakibatkan area persawahan dan perkebunan jeruk milik warga setempat terendam lumpur. Diperkirakan, area terdampak kurang lebih mencapai dua hektar di wilayah tersebut.

 

“Banjir bandang yang membawa material lumpur dan kayu tersebut mengakibatkan area sawah dan perkebunan terendam lumpur,” pungkasnya.

 

Penulis: Alfan

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *