Sebanyak 91 Desa di Mamasa Bersiap Gelar Pilkades Serentak

Ilustrasi Pilkades serentak Sumber foto: Istimewa
Ilustrasi Pilkades serentak Sumber foto: Istimewa

MAMASA – Sebanyak 91 desa yang tersebar di 17 kecamatan se-Kabupaten Mamasa akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak. Pelaksanaan pemungutan suara Pilkades dijadwalkan berlangsung pada 1 Mei 2023 mendatang.

 

Kapolres Mamasa AKBP Harry Andreas mengimbau kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Mamasa, agar menjaga keamanan di wilayah masing-masing terutama yang akan melaksanakan pemilihan.

 

“Perbedaan pilihan itu hal yang lumrah, namun yang terpenting adalah bagaimana masyarakat dapat menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah masing-masing,” kata AKBP Harry Adreas, Kamis (13/4/2023).

 

Diketahui, tahap pemilihan kepala desa di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar), telah berlangsung sejak Februari 2023. Secara umum jelang Pilkades di Kabupaten Mamasa hingga saat ini belum ditemukan masalah signifikan, yang berpotensi mengganggu Kamtibmas.

 

Walau sempat terdapat selisih paham saat penetapan calon kepala desa beberapa waktu lalu, namun perselisihan tersebut dapat diredam dengan cara duduk bersama menyelesaikan permasalahan tersebut. Menurut Harry, Perbedaan pilihan dalam setiap pelaksanaan pemilihan pasti ada, tetapi untuk menghindari pertikaian sportifitas dalam berpolitik perlu dijaga.

 

“Memang ada beberapa desa yang sempat terjadi riak-riak kecil, tetapi itu hanya kesalahpahaman dan tidak berlangsung lama,” ujarnya.

 

Kabupaten Mamasa merupakan salah satu kabupaten yang masih menjunjung adat istiadat dan penuh dengan unsur  kekeluargaan. Sehingga, dipercaya dapat menyelesaikan setiap permasalahan dengan cara kekeluargaan.

 

Harapannya masyarakat Kabupaten Mamasa, khususnya yang akan melaksanakan Pilkades serentak di 91 desa, dapat terus mempertahankan semboyan Mesa Kada Dipotuo Pantang Kada Dipomate atau Bersatu Kita Teguh Bercerai Kita runtuh. Semboyan yang  masih dipegang teguh oleh masyarakat di Kabupaten Mamasa dipercaya dapat menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi

 

“Jadi kita berharap Pilkades kedepan dapat berjalan aman dan lancar, sehingga melahirkan pemimpin di desa yang berkualitas dan bermartabat serta menjadi tokoh pembangunan di desa,” tutupnya

 

Penulis: Erdhi

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *