Site icon Kolom Desa

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemdes Siwalan Gelar Expo Kuliner Ramadhan

Area Takesi di Desa Siwalan, Kecamatan Panceng, Gresik dipenuhi masyarakat yang berjualan dan dihiasi lampu hias untuk memperindah lingkungan, Selasa (11/4/2023) Sumber Foto: Istimewa

Area Takesi di Desa Siwalan, Kecamatan Panceng, Gresik dipenuhi masyarakat yang berjualan dan dihiasi lampu hias untuk memperindah lingkungan, Selasa (11/4/2023) Sumber Foto: Istimewa

GRESIKPemerintah Desa Siwalan gelar Expo Kuliner Ramadhan dengan tema ‘Berusaha Bersama, Beruntung Bersama’. Kegiatan tersebut diadakan selama sebulan sampai akhir Ramadhan untuk meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat Desa.

 

“Expo Kuliner Desa Siwalan ini diadakan dengan tujuan untuk mengangkat perekonomian masyarakat. Kegiatan ini sebagai ajang mengenalkan bermacam produk kuliner buatan warga,” kata Najwatul Umadah, Kepala Urusan (Kaur) Perencanaan Desa Siwalan, Selasa (11/4/2023).

 

Penjualan dibuka mulai pukul 15.00 WIB hingga selesai, dengan menjual produk kuliner buatan warga sekitar. Mulai masakan rumahan sehari-hari, seperti olahan ikan, sayur, ketupat, jajan olahan, makanan ringan dan jajanan kas desa setempat.

 

Menanggapi hal tersebut, Ketua BPD Desa Siwalan, Moh Yusuf Sadewo mengatakan, Takesi berfungsi sebagai sarana bermain anak-anak, belajar dan bersosialisasi bagi keluarga.

 

“Adanya kuliner, sebagai sarana pendukung untuk kenyamanan, sekaligus menjadi usaha peningkatan ekonomi kemandirian warga,” kata Yusuf.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Siwalan, Suhartomo mengatakan, expo kuliner ini merupakan kegiatan yang sesuai dengan visi misi kerja kades, sebab kegiatannya bermanfaat untuk semua masyarakat.

 

“Kegiatan Takesi harus berazas manfaat untuk semua warga, menguntungkan semua pihak. Dan tidak menjadi rivalitas unit usaha mandiri warga yang sudah ada,” pugkasnya.

 

Penulis: Mukhlis

Editor: Rizal

Exit mobile version