TPL Bantu Pembangunan Infrastruktur Pipanisasi Air Bersih

Ilustrasi Pipanisasi Air Bersih. Sumber Foto: pixabay.com
Ilustrasi Pipanisasi Air Bersih. Sumber Foto: pixabay.com

TOBA – Toba Pulp Lestari (TPL) beri bantuan pembangunan Pipanisasi Air Bersih Sepanjang 950 Meter di Desa Tangga Batu I, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba. Dukungan ini bertujuan untuk membantu kebutuhan akses air bersih rumah tangga yang ada di Dusun Hutanagodang.

 

“Sumber air warga selama ini lebih sering mengambil dari sungai. Sebelumnya sudah ada bangunan pipanisasi yang lama, tapi tidak berjalan maksimal dan pipanya rusak sehingga airnya kecil. Oleh karena itu tidak sanggup memenuhi kebutuhan air bersih semua warga,” kata Tarigan Rumapea, salah seorang tokoh masyarakat Dusun Hutanagodang, Desa Tangga Batu I, Senin (10/4/2023).

 

Akses air bersih warga disalurkan melalui sumber mata air perbukitan, dengan membangun bendungan di sekitar mata air di kawasan hutan, selanjutnya disalurkan ke pemukiman melalui pipanisasi untuk dimanfaatkan warga. Karena selama ini akses air bersih masyarakat terbilang cukup sulit dan jarak sungai juga cukup jauh.

 

“Kami mengucap syukur dan berterima kasih kepada TPL yang telah memberikan dukungan ini, sekarang kami tidak kesulitan lagi mengakses air bersih untuk kebutuhan sehari-hari,“ jelasnya.

 

Sementara itu, Kepala Desa Tangga Batu I, Rianto Sitorus turut mengapresiasi dukungan ini, sebab pasokan air bersih paling dibutuhkan sehingga hal ini menjadi solusi ditengah kebutuhan warganya.

 

“Terealisasinya dukungan ini sangat bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. Kini keseharian masyarakat sudah banyak memanfaatkan pasokan air, mandi, mencuci dan keperluan rumah tangga. Bahkan program pipanisasi TPL juga memberikan peluang peningkatan perekonomian warga, seperti pengairan ke sawah atau ladang. Terima kasih kepada TPL, ke depannya dukungan ini akan dijaga dengan baik,” sebut Rianto.

 

Penulis: Mukhlis

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *