Unik! Kades Kampung Melayu Barat Akan Bangun Desa Wisata Berbasis Persawahan

Desa Wisata berbasis persawahan (Ilustrasi). Sumber foto: Dok. Kemenparekraf

TANGERANG – Kepala Desa (Kades) Kampung Melayu Barat Subur Maryono akan melakukan inovasi destinasi baru dengan membangun wisata berbasis persawahan. Di dalamnya juga menawarkan berbagai spot foto dan wisata kuliner, yang dapat menarik wisatawan untuk datang ke desanya.

 

“Selain spot foto di sawah kedepannya ditempat ini juga saya akan membuat wisata kuliner, karena saya pikir Kecamatan Teluknaga jaman sekarang kebanyakan orang-orang berwisata itu ke hotel atau ke laut, nah kita buat terobosan dengan membuat destinasi berbasis sawah,” kata Subur Maryono, pada Minggu (9/4/2023).

 

Sebelumnya, Desa Kampung Melayu Barat, Kecamatan Teluknaga itu ditetapkan menjadi salah satu Desa Mandiri di Kabupaten Tangerang. Menurut Subur, destinasi wisata sawah itu akan berdiri di atas lahan kurang lebih 2 hektar setengah.

 

“Sebanyak 6 hektar lahan tanah sawah yang kami kelola. 4 hektar digarap oleh petani dan 2 hektar setengah akan dimanfaatkan untuk membuat destinasi wisata sawah, tapi tidak menutup kemungkinan jika perkembangannya ada kemajuan, maka akan dikembangkan lagi,” jelasnya.

 

Subur juga menjelaskan, untuk membangun destinasi wisata sawah itu akan memanfaatkan anggaran dana desa. Selain itu, pihaknya juga akan menggandeng pihak ketiga untuk kerjasama dengan terlebih dahulu melihat progresnya.

 

“Untuk anggaran, sementara kita memakai anggaran dana desa, kemungkinan nanti jika sudah jadi saya akan menarik dana dari luar dana desa, dengan menggandeng pihak ketiga untuk kerjasama dan itu pun kita lihat progres kedepannya,” jelas Subur.

 

Saat ditanya soal besaran anggaran, Subur mengaku tidak dapat memastikan berapa yang dibutuhkan. Nantinya, destinasi wisata sawah di desanya itu direncanakan menyerupai Guler Farm Nature dan taman Mangrove, yang diharapkan programnya dapat meningkatkan perekonomian warganya.

 

“Saya ingin juga ada edukasi wisatanya untuk memberikan ruang kepada generasi muda bagaimana cara menanam padi dan sayur mayur. Untuk perawatan pihaknya juga sudah merencanakan dengan membuat wisata kuliner,” kata dia.

 

Dengan itu, Subur berharap destinasi wisata sawah ini kedepannya bisa menjadi Ikon baik buat Desa Kampung Melayu Barat maupun Kabupaten Tangerang, karena ini merupakan satu-satunya destinasi wisata yang ada di Kabupaten Tangerang.

 

“Saya berharap kedepannya Destinasi wisata sawah ini selain menjadi Ikon desa Kampung Melayu Barat wisata sawah ini bisa menampung pasar-pasar UMKM di Kecamatan Teluknaga yang memiliki potensi besar untuk mendongkarak perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

 

Penulis: Danu

Editor: Rizal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *