20 KK Desa di Sulteng Terima Bantuan Bedah Rumah

Desa Padende, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah mendapat bantuan bedah. Sumber Foto: perumahan.pu.go.id
Desa Padende, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah mendapat bantuan bedah. Sumber Foto: perumahan.pu.go.id

SIGI – Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR salurkan Bantuan bedah rumah atau Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) kepada 20 Kepala Keluarga (KK) di Desa Padende, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Program BSPS merupakan salah satu cara pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan mewujudkan hunian yang layak bagi masyarakat dengan memanfaatkan dana APBN.

 

“Masyarakat yang memenuhi syarat dan layak akan mendapatkan bantuan program BSPS. Pemerintah memberikan dana stimulan senilai Rp 20 juta diberikan pemerintah untuk pembelian bahan bangunan senilai Rp 17,5 juta dan Rp 2,5 juta untuk upah tukang,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Iwan Suprijanto, Minggu, (9/4/2023).

 

Sementra itu, Salah seorang warga Desa Padende di Kabupaten Sigi, Masri (41 tahun) mengaku, dirinya bersama 19 kepala keluarga lainnya yang tinggal di Dusun III Desa Padende mendapatkan bantuan peningkatan kualitas rumah swadaya. Dirinya mengaku bahwa bantuan ini sangat berharga bagi masyarakat yang tidak punya pekerjaan dan penghasilan tetap.

 

“Dulu rumah kami sering bocor kalau musim hujan tiba dan dindingnya juga dari bahan seadanya. Tapi sejak dapat bantuan BSPS kami sekarang bisa memperbaiki rumah dengan bantuan stimulan dari pemerintah,” ugkapnya.

 

Menanggapi hal tersebut, Kepala BP2P Sulawesi II, Bakhtiar didampingi Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Sulawesi Tengah, Erpika Ansela Surira menerangkan, sejak 2016 sesuai data hasil pelaksanaan Program BSPS sebanyak 29.414 rumah tidak layak huni di Sulteng. Dan secara bergikir masyarakat telah mendapatkan manfaat dari Program BSPS berupa bantuan Peningkatan Kualitas Rumah Swadaya.

 

“Pada bulan Maret 2023, sesuai Surat Keputusan Dirjen Perumahan di Provinsi Sulawesi Tengah sebanyak 2.428-unit rumah akan mendapat bantuan dari Program BSPS. Jumlah tersebut masih akan bertambah karena proses verifikasi calon penerima bantuan saat ini masih berjalan,” terangnya.

 

Penulis: Mukhlis

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *