Banjir Rendam Tiga Desa di Morowali Utara

Banjir Morowali Utara Sumber: Istimewa
Banjir Morowali Utara Sumber: Istimewa

MOROWALI UTARA – Banjir rendam tiga desa di wilayah Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah seperti Desa Tompira, Desa Bunta dan Desa Onepute.  Kejadian ini akibat intensitas curah hujan yang tinggi yang memicu luapan Sungai Laa.

 

“Banjir di desa akibat meluapnya air Sungai Laa yang terjadi tanggal 1 April. Yang sudah kami laporkan ke Pemkab itu 164 rumah terendam dengan 246 KK (terdampak),” kata Kepala Desa Onepute Suhardin Sakaria, Jumat (7/4/2023).

 

Sakaria mengatakan ketinggian banjir yang merendam rumah warga mencapai 1 hingga 1,5 meter. Hingga sampai saat ini belum juga surut lantaran wilayahnya sering diguyur hujan.

 

“Ketinggian mencapai 1 meter, ada yanglebih 1,50 dan ada juga di bawah 1 meter di tempat tinggi. Setiap malam ini masih hujan, banjir juga ini karena perusahaan tambang dia bendung sungai,” ungkapnya.

 

Saat ini warga mengungsi di kerabat terdekat yang memiliki rumah dua lantai. Hal ini turut membuat aktivitas warga terbatas sehingga mereka harus menggunakan perahu untuk kesehariannya.

 

“Ada beberapa mengungsi sebagian besar di desa di rumah keluarganya. Jadi di desa ini banyak warga itu punya pondasi lebih tinggi di belakang rumahnya. (Warga beraktivitas) sudah pakai perahu,” terangnya.

 

Terakhir, sebagai tambahan informasi perkiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), wilayah Sulawesi Tengah pada Sabtu (8/4) dan Minggu (9/4) akan berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada siang dan malam hari di wilayah Kota Palu, Sigi, Donggala, Parimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut dan Banggai Kepulauan.

 

Menyikapi hal tersebut BNPB mengimbau kepada seluruh pihak di daerah untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan menghadapi bencana banjir.

 

Penulis: Alfan

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *