Delegasi AS Kunjungi Langsung Desa Percontohan Sanitasi Aman di Tangerang

Bupati Tangerang bersama Delegasi USAID Sumber: Istimewa
Bupati Tangerang bersama Delegasi USAID Sumber: Istimewa

JAKARTA – Program sanitasi di Kabupaten Tangerang mendapatkan perhatian khusus dari Pemerintah Amerika Serikat. Hal ini dilakukan Delegasi USAID (Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat) dengan mengunjungi langsung Desa Kayu Bongkok, Kecamatan Sepatan yang menjadi desa percontohan sanitasi aman di Kabupaten Tangerang.

 

Tujuan dari kunjungan tersebut adalah ingin melihat progres kemitraan USAID (Badan Pembangunan Internasional AS) dengan Pemkab Tangerang dalam upayanya mendukung masyarakat meningkatkan ketahanan di sektor air minum dan sanitasi.

 

Delegasi AS berkeliling ke pemukiman dan berinteraksi dengan masyarakat. Dalam kesempatan itu, Bupati Tangerang, A. Zaki Iskandar menjelaskan berbagai macam program dan keberhasilan yang telah dilakukan oleh Pemkab Tangerang.

 

Dimulai dari program Gerakan Bersama Rakyat Atasi Kawasan Padat Kumuh dan Miskin (Gebrak Pakumis). Program tersebut berfokus pada pembedahan rumah dan perbaikan sanitasi, seperti menyediakan air bersih.

 

“Dampak positif terhadap pembangunan, khususnya di bidang sanitasi dan air minum di Kabupaten Tangerang yang beberapa tahun terakhir terus dibenahi dan diperbaiki,” ujar Zaki dalam keterangan tertulis, Kamis (6/4/2023).

 

Beberapa program sanitasi juga turut dijabarkan oleh Zaki seperti Sanitasi Berbasis Sekolah (Sanisek), yakni menjadikan WC sebagai fokus peningkatan sanitasi di sekolah dengan menjadikan lokasinya di gerbang sekolah. Dengan begitu diharapkan seluruh pihak bersama-sama mengawasi dan memelihara sanitasi sekolah.

 

Selain itu, ada program kurangi sampah Sekolah Kita (Kurasaki), yaitu upaya mengurangi volume sampah di sekolah dengan membiasakan siswa membawa bekal makan dari rumah dan meniadakan tempat sampah. Kemudian Sanitasi Berbasis Pondok Pesantren (Sanitren) yang difokuskan pada pembangunan sarana sanitasi berupa layanan air bersih untuk mandi, cuci dan WC. Harapannya di setiap pondok pesantrennya lebih bersih, sehat, rapi dan nyaman.

 

Zaki menjelaskan bahwa sejak tahun 2010 pihaknya telah menjadi mitra USAID dari delegasi yang dipimpin oleh Senior Professional Staff United States Senate Committee on Foreign Relations Joan Condon dengan upaya untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan penyediaan akses air minum dan sanitasi aman bagi masyarakat.

 

Terakhir, ia memaparkan bahwa Kolaborasi tersebut dimulai dari program USAID IUWASH, IUWASH PLUS, dan berlanjut hingga saat ini dengan USAID IUWASH Tangguh. Zaki menerangkan kunjungan dari delegasi itu dalam rangka melihat progres program sanitasi dan air minum di Kabupaten Tangerang yang menggandeng kerja sama antara USAID dengan IUWASH Tangguh beberapa tahun terakhir.

 

Penulis: Alfan

 

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *