Puluhan Desa di Kalimantan Tengah Terendam Banjir

Desa Barito Selatan Terendam Banjir Sumber: Istimewa
Desa Barito Selatan Terendam Banjir Sumber: Istimewa

KALTENG – Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Selatan, Alip Suraya mengatakan ada 20 desa dan kelurahan terendam banjir akibat tingginya curah hujan. Titik banjir terutama berada di bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito Kalimantan Tengah.

 

“Banjir mulai terjadi dalam beberapa hari terakhir ini. Banjir tersebut diakibatkan tingginya curah hujan serta banjir kiriman dari daerah Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Barito Utara,” ujar Alip Suraya di Buntok, Senin. (5/4)

 

Dari hasil pemantauan per tanggal (31/3). Banjir melebar ke sejumlah kecamatan diantaranya seperti Kecamatan Dusun Selatan, Kecamatan Dusun Utara dan di Kecamatan Dusun Hilir.

 

“Untuk di Kecamatan Dusun Hilir, banjir terjadi di Desa Mahajandau, Sungai Jaya dan Desa Batampang,” kata Alip Suraya didampingi Kasi Kedaruratan dan Logistik, Suwono.

 

Sementara itu, untuk wilayah Kecamatan Dusun Utara banjir terjadi di sembilan desa yakni Desa Majundre, Talekoi, Reong, Kelurahan Pendang, Marawan Lama, Marawan Baru, Desa Sungai Telang, Tarusan dan Gunung Rantau.

 

“Adapun jumlah masyarakat yang terdampak banjir pada desa di tiga kecamatan tersebut sebanyak 1.725 Kepala Keluarga (KK) atau 5.398 jiwa,” terangnya.

 

Sampai saat ini pemerintah daerah belum menetapkan status banjir tersebut. Meskipun demikian, pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan menyiapkan sejumlah logistik.

“Kita mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terutama yang berada di daerah hilir untuk melakukan persiapan guna mengamankan peralatan rumah tangga masing-masing,” imbuhnya..

 

Sebagai tambahan informasi, berdasarkan pantauan, sejumlah jalan dalam kota Buntok mulai terendam banjir dalam dua hari terakhir. Sejumlah jalan yang mulai terendam banjir tersebut berada di Jalan Pelita Raya Buntok, dan Jalan Kelurahan serta di depan jalan Sepakat II.

 

Penulis: Alfan

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *