Site icon Kolom Desa

Desa Wisata Disiapkan di Jalur Mudik Lebaran 2023

Desa Wisata Disiapkan di Jalur Mudik Lebaran 2023

Desa wisata diproyeksikan untuk pemudik lebaran 2023. Sumber foto: Website resmi Kemenparekraf

JAKARTAMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno telah memetakan desa wisata hingga destinasi budaya di sejumlah jalur mudik tahun ini. Hal itu merupakan upaya memanfaatkan potensi 123,8 juta pemudik yang diprediksi akan melakukan perjalanan saat libur lebaran 2023.

 

“Tahun lalu, jumlah desa wisata yang mendaftar di ADWI itu melonjak, tapi tahun ini meningkat lagi dan dari 4.500 lebih desa wisata, sebagian besar ada di Pulau Jawa, jadi ini yang nanti akan terpetakan dalam jalur mudik kita, baik di Pantura, Pansela, maupun tol Trans Jawa,” kata Menparekraf dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (3/4/2023).

 

Lebih jauh, Sandiaga menyatakan momen ini akan menjadi modal utama dalam pencapaian target mobilisasi wisatawan nusantara. Yakni 1,4 miliar pergerakan di tahun 2023.

 

“Jadi, nanti konsentrasi penumpukan kendaraan ini bisa terpecah ke beberapa destinasi healing yang bisa mereka lakukan untuk sekaligus beristirahat,” tegas Sandi.

 

Ia menjelaskan, pendapatan dari masing-masing desa wisata bervariasi. Potensi desa wisata yang sudah tercatat tahun lalu akan terus dikembangkan pihaknya, sedangkan untuk tahun ini, wisata sepanjang jalur mudik Lebaran 2023 ditambahkan dengan pariwisata berbasis masjid dan wisata religi.

 

“Yang sudah lebih maju itu bisa mencapai angka Rp40 juta sampai Rp60 juta untuk Lebaran saja, tapi per tahunnya yang sudah maju bisa mencapai Rp300 juta sampai Rp500 juta,” katanya.

 

Hal itu dikatakan Sandiaga, lantaran mereka bukan hanya bergerak dari tempat asal mereka bekerja ke kampung halaman. Melainkan juga saat di kampung halaman mereka akan melakukan aktivitas wisata, setelah itu sebagian besar kembali lagi ke ibu kota.

 

Sandi juga mengatakan bahwa setidaknya ada lima destinasi yang diproyeksi jadi tujuan wisata favorit di jalur mudik Lebaran 2023. Rute Subang, Cirebon, Kuningan, Ciamis, dan Tasikmalaya diproteksi akan jadi destinasi favorit. Subang akan saya cek kesiapannya minggu ini.

 

“Destinasi-destinasi itu muncul karena pemudik mengandalkan jalur tol trans Jawa, Pantura, dan Pansela. Kami harus cari spot yang bisa dinikmati pemudik tanpa menambah beban jalan, terutama di saat-saat macet,” sebutnya.

 

Seperti diketahui, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif terus bebenah menyambut libur Lebaran 2023, cuti bersama, dan mudik. SKB 3 Menteri tentang hari libur dan cuti bersama telah ditandatangani, yaitu ditetapkan pada 19-25 April 2023.

 

“Kita harus manfaatkan momen mudik secara maksimal. Kita targetkan sekitar 25 persen pergerakan wisatawan Nusantara dari 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara di libur mudik atau 300–350 juta dapat tercapai,” pungkas Sandi.

 

Penulis: Danu
Editor: Rizal

Exit mobile version