Site icon Kolom Desa

Pemkab Tangerang Akan Gelar Bazar UMKM di Mall

Pemkab Tangerang Akan Gelar Bazar UMKM di Mall

Ilustrasi bazar UMKM . Sumber foto: Website resmi Pemkab Tangerang

TANGERANGPemerintah Kabupaten Tangerang berencana menggelar pameran usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada 6 s/d 17 April 2023 di Mall Ciputra Tangerang. Pameran itu bakal melibatkan produk-produk unggulan lokal yang telah diseleksi secara ketat oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang.

 

“Insyaallah, dalam waktu dekat ini, menjelang hari raya Idul Fitri, kami akan menggelar satu (waktu-red) pameran UMKM,” kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Tangerang Nurul Hayati, pada Jumat (31/3/2023).

 

Nurul menjelaskan, pameran ini ditargetkan melibatkan kurang lebih 100 UMKM dengan beragam produk, seperti kuliner, kerajinan tangan, dan pakaian. Pihaknya dan jajaran panitia yang bertugas juga telah menyiapkan prosedur etalase UMKM, demi memberikan ketertarikan tersendiri bagi para pengunjung.

 

“Saat ini yang sudah kami seleksi baru ada 50 produk, mengingat produk yang dipamerkan itu harus memenuhi prosedur, mulai dari legalitasnya hingga tampilan packaging-nya,” ujar Nurul.

 

Nurul mengatakan, agenda pameran ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemkab Tangerang terhadap para pelaku UMKM lokal. Dengan mengikuti pameran, diharapkan produk UMKM semakin dikenal dan pasarnya meluas.

 

“Diharapkan dengan adanya pameran ini para pelaku usaha mikro dapat naik kelas dan terus berkembang ke depannya,” ujar Nurul.

 

Dalam upaya mendorong UMKM, Nurul mengatakan, dinasnya juga menggulirkan sejumlah program lainnya, seperti kegiatan pelatihan dan fasilitasi legalitas produk. Peningkatan pelaku usaha itu, juga dapat menjadi salah satu indikator tumbuhnya perekonomian di daerah khususnya Kabupaten Tangerang.

 

Sebagai informasi, angka pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang pada tahun 2022 meningkat pesat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Misalnya, pada tahun 2020-2021 tercatat ada 25.918.

 

Dan pada tahun 2022, ada kenaikan sekitar 33.339. Sehingga jumlah total keseluruhan ada sekitar 59.317 pelaku UMKM di Kabupaten Tangerang.

 

Penulis: Danu

Editor: Rizal

Exit mobile version