Sebanyak 144 Desa di Mukomuko Terima DD Tahap I

ilustrasi Dana Desa. Sumber Foto: istockfoto.com
ilustrasi Dana Desa. Sumber Foto: istockfoto.com

MUKOMUKO – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko mengungkapkan ada 144 dari 148 desa telah terima Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap pertama tahun 2023. Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Eka Purwanto menyebutkan empat desa yang belum mengajukan penyaluran DD dan ADD tahap pertama, yakni Desa Suka Pindah, Desa Pondok Kopi, Desa Sari Bulan dan Air Kasai.

 

“Saat ini tinggal empat desa lagi yang belum mengajukan penyaluran baik DD maupun ADD tahap I” kata Eka, Kamis (30/3/2023).

 

Eka menyebut bahwa proses pengajuan DD dan ADD tahap pertama terhitung masih cukup panjang. Walaupun begitu, pihaknya tetap meminta desa yang belum mengajukan DD dan ADD tahap satu untuk segera mengajukan karena dana tersebut penting untuk pembangunan desa.

 

“Kalau berdasarkan jadwal pengajuan DD dan ADD tahap satu masih panjang sampai bulan Juni 2023, namun kami tetap meminta desa untuk segera mengajukan agar dana tersebut bisa digunakan untuk pembangunan di desa,” ujarnya.

 

Eko mengatakan enam desa dari 144 desa yang sudah menerima penyaluran DD dan ADD tahap I mulai mengajukan penyaluran DD dan ADD tahap II. Cepatnya proses pengajuan enam desa tersebut dikarenakan mereka langsung mengajukan penyaluran ke dinas setelah selesai melaporkan pertanggungjawaban penggunaan DD dan ADD.

 

“Enam desa ini cepat mengajukan penyaluran dana desa tahap I karena paralel. Begitu selesai laporan pertanggungjawaban penggunaan DD dan ADD, mereka langsung mengajukan penyaluran ke dinas,” ungkapnya.

 

Tahun ini dana desa yang diterima Kabupaten Mukomuko alami peningkatan menjadi Rp 117 miliar yang sebelumnya hanya Rp 114 miliar saja. Eko menyebut bahwa dana desa merupakan stimulus pembangunan desa yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, kesehatan, pendidikan hingga infrastruktur desa.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *