Kemendes PDTT Sebut Lebih dari Separuh Tujuan SDGs di Indonesia Terealisasi secara Maksimal

kolomdesa.com
Kepala BPI Kemendes PDTT Ivanovich Agusta dalam 10th Asia Pacific Forum for Sustainable Development hari ketiga di Bangkok, Thailand. Agenda itu diadakan oleh The Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UN-ESCAP). Sumber foto: Dok. Kemendes PDTT

JAKARTA – Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Ivanovich Agusta menerangkan, lebih dari separuh pencapaian atas Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) di Indonesia telah direalisasikan secara maksimal.

 

Demikian kata Ivanovich dalam 10th Asia Pacific Forum for Sustainable Development hari ketiga di Bangkok, Thailand. Agenda itu diadakan oleh The Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UN-ESCAP).

 

“Kemajuan signifikan telah dicapai pada tujuan 6 dan 11 mengenai akses air dan sanitasi, fasilitas cuci tangan, transportasi publik yang aman, sumber daya air, dan ruang terbuka hijau,” kata Ivanovich dalam keterangan tertulis, Rabu (29/3/2023).

 

Menurut Ivanovich, dengan ketersediaan data SDGs Indonesia mampu melakukan pembangunan total atas desa yang mengarah pada 18 tujuan pembangunan berkelanjutan di desa. Secara keseluruhan, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan itu juga diyakini menyumbang 74 persen atas pencapaian SDGs di tanah air.

 

“Kami juga mengalami peningkatan pada tujuan 7, 9, dan 17, terutama pada efisiensi energi, industri berkelanjutan, pengurangan emisi karbon, ekspor produk industri high-tech, dan ketersediaan data,” urai Ivanovich.

 

Ivanovich mengungkapkan, dalam mengevaluasi implementasi dan pencapaian SDGs, utamanya di level daerah dan desa, Pemerintah Indonesia menyadari bahwa ketersediaan dan keandalan data sangat penting. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah untuk terus meningkatkan kualitas data dan meningkatkan pemilahan data untuk mencakup kelompok yang kurang diuntungkan.

 

Penulis: Danu

Editor: Rizal

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *