Site icon Kolom Desa

Pemkab Karawang Sosialisasikan Penanganan Stunting melalui Pertunjukan Wayang Golek

kolomdesa.com

Ilustrasi penanganan stunting. Sumber foto: Freepik

KARAWANGPemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat tengah menggenjot adanya sosialisasi penanganan stunting pada masyarakat desa. Uniknya, sosialisasi ini dilakukan melalui pertunjukan Wayang Golek.

 

Wakil Bupati Karawang, Aep Syaepuloh menjelaskan, hal itu merupakan strategi persuasif agar masyarakat di wilayahnya memahami kondisi gagal tumbuh yang menyerang balita.

 

“Melalui pertunjukan wayang golek, kami menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang pencegahan stunting,” katanya, Selasa (28/3/2023).

 

Ia menjelaskan, saat ini para orang tua di wilayahnya masih banyak menggemari kesenian tradisional Sunda berupa Wayang Golek.

 

Untuk itu, ia menilai melakukan sosialisasi dengan menggunakan wayang Golek adalah upaya yang cukup efektif. Ia menargetkan, melalui upaya itu kasus stunting di Karawang dapat menurun hingga 8 peren.

 

“Insya Allah ini selain hiburan wayang golek, masyarakat yang datang juga bisa mendengarkan upaya-upaya pencegahan stunting ,” ujar wabup yang juga Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Karawang ini.

 

Salah satu pertunjukan Wayang Golek untuk sosialisasi penurunan stanting itu dapat juga ditonton dari unggahan akun YouTube BKKBN Jawa Barat. Sehingga masyarakat dapat mengikuti sosialisasi dan pertunjunkan melalui platform digital yang mudah diakses.

 

Penulis: Danu
Editor: Ani

Exit mobile version