Site icon Kolom Desa

Pemkab Kudus Bakal Beri Hadiah untuk Desa Paling Inovatif

kolomdesa.com

Bupati Kudus, Hartopo ketika menjelaskan tentang skema lomba desa yang bakal digelar. Sumber: Website resmi Pemprov Jateng

KUDUSPemerintah Kabupaten Kudus bakal memberikan hadiah berupa uang tunai Rp 450 juta untuk desa paling inovatif dalam gelaran lomba desa yang dimulai pada Senin (27/3/2023). Nantinya, hadiah itu akan dialokasikan dari APBD

 

“Dana sebesar itu, akan kami dianggarkan melalui APBD Perubahan 2023,” kata Bupati Kudus Hartopo, di sela pembukaan penilaian lomba desa, di Desa Padurenan, Kecamatan Gebog, Senin (27/3/2023).

 

Rencananya akan ada tiga juara yang mendapatkan hadiah desa paling inovatif, yakni juara satu hingga juara tiga. Besaran hadiahnya pun beragam. Juara satu akan mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 200 juta. Lalu, juara dua akan mendapat 150 juta. Terakhir, peraih juara tiga akan mendapat hadiah 100 juta. 

 

Hartopo menjelaskan, indikator desa inovatif yang bakal mendapatkan hadiah adalah desa yang paling dominan melaksanakan program pokok pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam beberapa aspek. Beberapa aspek itu meliputi, inovasi dalam sektor lingkungan,  sandang, pangan, pemerintahan hingga tambahan untuk pendidikan. 

 

“Berbagai latar belakang pendidikan masyarakatnya juga dihitung. Hal ini supaya meningkatkan keinginan anak-anak supaya lebih mau untuk sekolah dan memperbaiki kualitas diri,” ujarnya.

 

Ia menambahkan, ditambahkannya penilaian dalam aspek pendidikan diproyeksikan untuk dapat membentuk desa pintar. Sehingga inovasi yang dihadirkan dapat mencakup berbagai aspek. 

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kudus Adi Sadhono menjelaskan, mulanya hadiah yang akan diberikan pada para pemenang adalah Rp 25 juta. Namun nominal ditambah lagi. Tujuannya agar desa lebih semangat untuk menciptakan inovasi desanya. 

 

Adi mengatakan, setidaknya terdapat sembilan desa dari 123 desa yang mengikuti lomba. Desa- desa itu adalah desa Pandurenana (Kecamatan Gebog), Desa Lambangan (Kecamatan Undaan), Desa Jekulo (Kecamatan Jekulo), Desa Jepang (Kecamatan Mejobo), Desa Ngembalrejo (Kecamatan Bae), Desa Loram Kulon (Kecamatan Jati), dan Desa Janggalan (Kecamatan Kota).

 

Penulis: Danu

Editor: Ani

Exit mobile version