Ketua RT dan RW Kabupaten Kebumen Bakal Dapat Gaji

Pendopo Kabupaten Kebumen Sumber Foto: kebumenkab.go.id
Pendopo Kabupaten Kebumen Sumber Foto: kebumenkab.go.id

KEBUMEN- Ketua RT dan RW di Kabupaten Kebumen bakal mendapatkan gaji bulanan. Kini pemerintah daerah Kebumen tengah mengkaji regulasi itu.

 

“Ini masih kita kaji, apakah memungkinkan bila Ketua RT/RW mendapat tunjangan tiap bulannya, karena bagaimana pun Ketua RT/RW juga memiliki tugas dari pemerintah desa untuk ikut mengurusi warganya,” ujar Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, Jumat (24/3/2023).

 

Ia menjelaskan, keberadaan RT dan RW merupakan panjang tangan dari pemerintah desa dan tingkatan struktur yang lebih tinggi.  Mereka yang memahami kondi wilayah seta warganya, sehingga muncul data yang valid dari kinerta mereka.

 

“Ketika pemerintah mau memberikan bantuan, tidak mungkin Bupati ngetuk pintu rumah warga satu-satu, Camat juga tidak mungkin datangi warga satu-satu, Kepala desa juga tidak mungkin. Pastinya ada Ketua RT/RW di situ yang tahu kondisi warganya, dan siap membantu menjalankan program pemerintah,” imbuhnya.

 

Arif Sugiyanto sangat mendukung jika Ketua RT/RW mendapatkan gaji bulanan. Namun hal tersebut juga harus disesuakan dengan anggaran yang ada. Karena APBN dan APBD sudah ada porsi dan pembagianya masing masing.

 

“Bagaimanapun ini harus disesuaikan dengan kemampuan anggaran kita. Karena semua sudah ada porsi pembagiannya masing-masing,” terangnya.

 

Sebagai Informasi, Pemerintah Kabupaten Kebumen juga telah memberikan dana intensif kepada para guru ngaji TPQ yang langsung ditransfer ke rekening masing-masing melalui Bank Jateng.

 

Penulis: Mukhlis

Editor: Ani

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *