Site icon Kolom Desa

Desa Paiton Probilinggo Kembangkan Taman Desa untuk Wisata

Ilustrasi Taman Desa Paiton Sumber Foto: pixabay.com

Ilustrasi Taman Desa Paiton Sumber Foto: pixabay.com

PROBOLINGGO – Desa Paiton, kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur tengah mengembangkan taman desa menjadi destinasi wisata. Upaya pengembangan wisata itu dilakukan karena Desa Paiton memiliki taman desa yang indah serta di dukung Lokasi yang berada di pinggir sungai.

 

Kepala Desa Paiton Abdul Bazid Waridi menjelaskan, untuk memfasilitasi berbagai kegiataan pemuda, pemdes Paiton juga membangun lapangan voli.  Setiap harinya, lapangan digunakan untuk latihan oleh pemuda setempat.

 

“Tiap tahun, kami melalui karangtaruna mengadakan turnamen bola voli di lapangan tersebut. Tentunya, kami sangat mendukung kegiatan positif yang digagas karangtaruna ini. Agar mereka semakin kreatif dan terus berkembang. Serta, bisa mejauhi kegiatan negatif yang merusak masa depan,” ujar Kepala Desa Paiton Abdul Bazid Waridi, Jumat (24/3/2023).

 

Selain Taman Desa, potensi sungai dekat taman juga dimanfatkan sebagai wisata air yang dilengkapi dengan perahu bebek. Namun, ketika musim hujan wahana itu diliburkan.

 

Lebih Lanjut, Ia juga mengungkapkan, Pemeritah Desa (Pemdes) Paiton, juga terus  menigkatkan keamanan lingkungan desanya. Salah satunya pemdes berencana akan membangun poskamling di masing-masing RT. Tujuannya, kegiatan Poskamling yang sudah berjalan semakin maksimal.

 

“Agar semakin maksimal, tahun ini kami rencanakan di masing-masing RT akan dilengkapi dengan Poskamling. Kegiatan Poskamling juga melibatkan perangkat tiap malam mulai pukul 22.00 hingga sektar pukul 04.00 mereka keliling desa. Disini, ada10 perangkat. Mereka kami libatkan untuk menjaga desa,” teragnya.

 

Sebagai Informasi, selain mengembangkan wisata desa, pemerintah desa paiton juga memperhatikan sektor ketahanan pangan. Dukungan sektor ketahanan pangan tersebut dilakukan dengan cara membangun seluruh saluran irigasi sepanjang 1 kilo meter.

 

Penulis: Mukhlis

Editor: Ani

Exit mobile version