Jaga Keamanan Lingkungan, Kabarhakam Polri Bentuk SKD

Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto memberikan penghargaan kepada Bupati Lumajang Thoriqul Haq Sumber: jatim.polri.go.id
Kabaharkam Polri Komjen Pol Arief Sulistyanto memberikan penghargaan kepada Bupati Lumajang Thoriqul Haq Sumber: jatim.polri.go.id

LUMAJANG – Ribuan anggota Satgas Keamanan Desa di Kabupaten Lumajang ikuti Apel Akbar di Alun-alun Utara Lumajang yang langsung dipimpin oleh Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri, Komjen Pol Arief Sulistyanto pada, Senin (20/3/2023). SKD ini dibentuk dengan menggandeng kelompok masyarakat yang peduli terhadap keamanan ligkungannya.

 

“SKD ini membantu pemerintah daerah mewujudkan keamanan ketertiban kerukunan di dalam kehidupan masyarakat baik di tingkat RT,RW dan dusun yang ada di desa masing-masing,” jelas Komisaris Jenderal Polisi Arief Sulistyanto.

 

Dalam menjalankan tugasnya, para petugas SKD tidak mendapatkan fasilitas gaji, namun mereka dibekali dengan rompi, alat komunikasi dan seni bela diri untuk menjaga keamanan lingkungan.

 

Polri akan menjadikan SKD sebagai percontohan di wilayah lain karena SKD hanya ada di Kabupaten Lumajang. Komjen Arief menjelaskan, satuan keamanan desa (SKD) ini merupakan upaya yang dilakukan oleh Polri untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam pemeliharaan kamtibmas.

 

“Upaya-upaya kamtibmas yang dilaksanakan oleh polri lebih mengutamakan langkah-langkah preventif dan preemtif yang diutamakan, agar tidak terjadi gangguan Kamtibmas,” jelasnya.

 

Selain memberikan arahan, Komjen Pol Arief Sulistyanto juga memberikan penghargaan kepada orang-orang yang dianggap memiliki dedikasi tinggi kepada masyarakat. Kabaharkam Mabes Polri, Komjen Pol Dr. Arief Sulistyanto memberikan penghargaan kepada Bupati Lumajang, Wakil Bupati Lumajang, Kapolsek Rowokangkung, bhabinkamtibmas Desa Sukosari Polsek Jatiroto, Sertu Nurhadi Babinsa Desa Sumberwuluh Koramil 0821/09 Candipuro, Suhanto dan Pahum anggota SKD.

 

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada forkopimda Lumajang untuk membangun Kabupaten Lumajang ini menjadi kabupaten yang makmur yang maju masyarakat sejahtera memiliki keamanan dan ketertiban masyarakat,” tutupnya.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *