Site icon Kolom Desa

Ma’ruf Amin Apresiasi Gerakan Desa Asri oleh Kemendes PDTT

PELALAWAN – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengapresiasi gerakan Desa Asri yang digagas oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Selain itu ia juga mengapresiasi penanaman 8 juta pohon serentak di seluruh desa. Dukungan ini disampaikan Wapres dalam puncak peringatan Hari Desa Asri Nusantara 2023 di Pelalawan, Riau.

 

“Saya senang mengetahui isu ini telah menjadi perhatian Kementerian atau Lembaga dan pemerintah daerah dalam merumuskan program dan kebijakan,” kata Wapres Ma’ruf Amin saat peringatan Hari Desa Asri Nusantara di Lapangan Bola Desa Makmur Kecamatan Pangkalan Kerinci, Pelalawan pada Senin (20/3/2023).

 

Ma’ruf Amin menjelaskan, Indonesia telah berkomitmen dan mengajak seluruh negara ancaman bencana akibat perubahan iklim. Komitmen ini telah dipertegas dalam sesi puncak KTT COP-27 di Sharm el-Sheikh, Mesir pada November 2022 lalu. Selain itu Indonesia juga turut mengajak untuk melakukan aksi nyata mendorong pemulihan lingkungan dan iklim yang kuat dan inklusif.

 

“Dimulai dengan menanam pohon dan dalam rangka menjadikan desa yang sejuk, indah, bersih, aman dan nyaman dan dalam rangka juga menjaga perubahan iklim. Karena ini juga menjadi komitmen kita bangsa Indonesia dalam menurunkan emisi sampai nol persen. Baik melalui usaha sendiri maupun juga antara lain juga menanam pohon yang banyak. Itulah salah satu upaya kita menjadikan desa itu basis kekuatan nasional kita,” paparnya.

 

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengatakan, hari Desa Asri Nusantara merupakan wujud

aksi SDGs Desa untuk menjalankan pembangunan berkelanjutan di lingkungan. Peringatan Hari Desa Asri Nusantara ini mengejawantahkan SDGs Desa tujuan ke-11 yakni kawasan permukiman desa aman dan nyaman.

 

“Desa Asri Nusantara bukan konsep abstrak. Melainkan konkrit yang dijalankan di kawasan permukiman desa sendiri. Manfaatnya juga konkrit yaitu warga desa menjadi merasa aman dan nyaman,” kata Gus Halim.

 

Pada puncak Peringatan Hari Desa Asri Nusantara dilakukan gerakan penanaman 8.508.327 pohon secara serentak di seluruh desa di Indonesia. Momentum ini disiarkan secara langsung maupun melalui daring di delapan titik Nusantara.

 

Ke delapan desa tersebut yakni di Desa Tulus Rejo (Lampung), Desa Namang (Bangka Belitung), Desa Tempuran (Jawa Tengah), Desa Sumbergondang (Jawa Timur), Desa Oelpuah dan Desa Kewar (Nusa Tenggara Timur), Desa Lala (Maluku), Desa Saribaye (Nusa Tenggara Barat),

 

“Gerakan penanaman pohon serentak di seluruh desa menjadi tapak guna mencapai sasaran SDGs desa tujuan ke 11 yakni kawasan permukiman desa aman dan nyaman. Dengan tapak Gerakan Penanaman Pohon Serentak di seluruh desa ini, kami meyakini SDGs Desa tujuan ke 11 segera tercapai sebelum tenggat tahun 2030,” kata Gus Halim.

 

Melalui gerakan menanam pohon itu, Gus Halim optimis target pemerintah untuk emisi nol persen akan terwujud. Terlebih setiap rumah melakukan penanaman pohon sebanyak 10 hingga 12 pohon.

 

“Saya yakin apa yang menjadi target pemerintah Indonesia untuk emisi sampai nol persen itu akan terwujud,” katanya.

 

Selain itu, Gus Halim juga melakukan kunjungi di kawasan RAPP untuk melihat RGE Teknologi Center yang merupakan pusat penelitian dan pengembangan perusahaan hutan tanaman industri (HTI). Tak hanya itu, Gus Halim juga mengunjungi  Kerinci Central Nursery (KCN 2) yang merupakan, salah satu pusat pembibitan pohon eukaliptus dan akasia yang dibangun sejak 2015. KCN 2 memiliki kapasitas 300 juta bibit pohon per tahun.

 

Penulis: Danu

Editor: Ani

Exit mobile version