Dua Desa di NTT Masuk 500 Besar ADWI 2023

MANGGARAI TIMUR – Dua desa wisata di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur masuk dalam 500 besar Desa Wisata Terbaik di Indonesia pada ajang Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2023. Sebanyak 4.357 desa wisata di Seluruh Indonesia mengikuti ajang tersebut dengan daya tariknya masing-masing.

 

 

“Desa Wisata Golo Loni Dan Desa Wisata Colol juga telah ditetapkan Person In Charge (PIC) Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 Kabupaten Manggarai Timur,” kata Staf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur Albertus Jehamin dalam keterangan persnya, Sabtu, (18/3/2023).

 

 

Albertus menambahkan, awalnya Kabupaten Manggarai Timur mendaftarkan sembilan desa wisata untuk mengikuti ADWI 2023. Ia berharap, dua desa wisata tersebut bisa terpilih dalam seleksi 100 besar dan 75 besar ADWI 2023.

 

 

“Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Timur berharap Desa Wisata Golo Loni dan Desa Wisata Colol bisa masuk 100 besar dan 75 besar pada AWDI 2023 ini,” ujar Albertus.

 

 

Ajang ADWI 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif RI memiliki lima kategori penilaian yakni daya tarik pengunjung, homestay, kelembagaan, CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability), dan souvenir. Desa yang bisa memenuhi kategori penilaian tersebut memiliki peluang besar untuk dinobatkan menjadi Desa Wisata terbaik di ajang tersebut.

 

 

Perlu diketahui, Desa Wisata Golo Loni dan Desa Wisata Colol yang terletak di Kabupaten Manggarai Timur memiliki daya tarik wisata masing-masing. Daya tarik Desa Wisata Golo Loni yang terletak di Kecamatan Rana Mese adalah keindahan alamnya mulai dari keindahan matahari terbit atau sunrise, wisata mancing ikan di tengah sawah, river tubing, dan tempat selfie berlatar sawah di Bukit Golo Depet.

 

 

Sedangkan untuk Desa Wisata Colol terkenal karena potensi kopinya yang sudah mendunia. Desa Wisata Colol memiliki berbagai jenis kopi mulai dari Kopi Juria, Kopi Arabika, dan Yellow Kopi yang menjadi daya tarik utama wisatawan saat ke Desa Wisata Colol.

 

 

Penulis: Erdhi

Editor: Soleha.tn

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *