APDESI Minta Tambahan DD Sebesar 10 Persen dari APBN, Luhut: Biar Diproses Baik-baik

kolomdesa.com
Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Marves. Sumber foto: Instagram @luhutpandjaitan

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Pandjaitan merespons usulan para kepala desa agar Dana Desa bisa dinaikkan jadi 10 persen dari APBN atau setara dengan Rp300 triliun. Menanggapi hal itu, Luhut meminta masyarakat tak gaduh, agar proses usulan tersebut dibahas dan diproses baik-baik dengan semua pihak yang bersangkutan.

 

“Mengenai UU Desa dan sesungguhnya saya kira tadi sudah dijelaskan biarlah nanti diproses dengan baik dan dilakukan dengan benar. Jangan kita menimbulkan pertikaian di antara sesama kita,” kata Luhut pada acara Desa Bersatu di Lapangan Parkir Timur Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (19/3/2023).

 

Luhut mengatakan, kehadiran Dana Desa merupakan senjata bagi kepala desa, dan membuat Indonesia bertahan pada situasi krisis ekonomi dampak dari pandemi. Luhut berharap para kepala desa dapat terus mendorong pembangunan pedesaan dengan dana yang dikucurkan pemerintah dengan semaksimal mungkin.

 

Hal itu dibuktikan dengan Dana Desa yang selama ini membantu pertumbuhan ekonomi. Luhut menyebut uang sekitar Rp 1 miliar berputar di setiap desa dalam setiap tahunnya.

 

Ia menegaskan Dana Desa menjadi salah satu alasan Indonesia bertahan di krisis ekonomi. Luhut meminta para kepala desa terus mendorong pembangunan pedesaan dengan dana yang dikucurkan pemerintah.

 

“Anda memainkan peran luar biasa dan saya harap peran ini terus dibawa ke depan, jangan dibawa kepada perbedaan-perbedaan,” pungkasnya.

 

Penulis: Danu
Editor: Ani

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *