Wapres Ma’ruf Amin Hadiri Peringatan Hari Desa Asri Nusantara

JAKARTA– Wakil Presiden Ma’ruf Amin bertolak ke Pekanbaru, Provinsi Riau, Minggu (19/3/2023). Ia akan menghadiri peringatan Hari Desa Asri Nusantara yang akan berlangsung di Lapangan Bola Desa Makmur Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, Senin (20/3/2023).

 

Nantinya, Wapres Ma’ruf Amin akan didampingi oleh Menteri Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Gubernur Riau, serta Bupati Pelalawan Zukri.

 

Sebagai informasi, Hari Desa Asri Nusantara adalah hari yang ditetapkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan desa yang ASRI (Aman, Sehat, Rindang, Indah).

 

Untuk menuju desa ASRI, dilakukan upaya untuk menjaga kelestarian alam, terutama pepohonan, yang memiliki banyak fungsi diantaranya fungsi klimatologi, fungsi hidrologis, fungsi ekologi, dan fungsi orologis.

 

Selain memberikan sambutan dan arahan, dalam rangkaian acara Hari Desa Asri Nusantara ini, Wapres juga akan menerima paparan mengenai ‘Sedekah Oksigen’ serta melakukan penanaman pohon secara simbolis. Nantinya, seluruh desa se- Indonesia akan mengikuti proses penanaman pohon secara serentak.

 

Gerakan menanam pohon ini, diharapkan dapat menjadi momentum bagi masyarakat desa untuk memperhatikan lingkungan sekitar dan menjaga keasriannya. Selain itu juga menjadi langkah konkret desa untuk mewujudkan dunia yang lebih baik dan berkelanjutan.

 

Setidaknya terdapat 8 juta target pohon di seluruh Indonesia yang akan ditanam secara serentak dalam momentum peringatan desa Asri Nusantara. Keberhasilan kegiatan ini dapat dilihat dalam jangka panjang ketika pohon yang ditanam tumbuh untuk menciptakan lingkungan yang lebih asri. Melalui gerakan penanaman pohon, diharapkan desa dapat mengambil kontribusi dalam menghijaukan dunia.

 

Turut mendampingi Wapres dalam kunjungan kerja ini, Ibu Hj. Wury Ma’ruf Amin, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Guntur Iman Nefianto, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono Wahjoe Sedjati, serta Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Mohamad Nasir, M. Imam Azis, dan Arif Rahmansyah Marbun.

 

Penulis: Danu

Editor: Ani

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *