Dua Desa Wisata di Kota Bandung Masuk 500 Besar Desa Wisata Terbaik ADWI

BANDUNG – Dua desa wisata di kota bandung masuk 500 Besar desa wisata terbaik dalam penilaina Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Desa wisata tersebut diantaranya adalah Desa Wisata KWK Cigadung dan Desa Wisata Kampung Wisata Binong.

 

“Dari 7.276 total jumlah desa wisata di Indonesia, telah terjaring 4.573 desa wisata yang mendaftar di ADWI 2023. Lalu 500 desa dipilih sebagai desa wisata terbaik 2023,” Kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, Sabtu (18/3/2023).

 

Diketahui, Kampung Wisata Kreatif Cigadung Kota Bandung terkenal dengan kreativitasnya. kampung Wisata Kreatif Cigadung merupakan kawasan wisata kreatif dan seni budaya dengan konsep pariwisata berbasis masyarakat (communitybased tourism). Sedangkan Kampung Wisata Binong merupakam penghasil sentra rajut. Di kawasan ini wisatawan bisa berbelanja produk rajut berkualitas has desa Binong.

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno juga menjelaskan, sejak 2021 program ADWI memiliki tekad yang sangat tinggi dan penuh konsisten untuk memajukan industry pariwisata. Hal ini menumbuhkan optimisme terciptanya 4,4 juta lapangan kerja baru sampai tahun 2024.

 

“Desa wisata terbukti memberikan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan di daerah hingga pengembangan pariwisata di Indonesia. Jadikan capaian ini sebagai motivasi untuk terus mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelas dunia,” jelasnya.

 

Sebagai Informasi, terdapat lima kategori penilaian dalam ADWI, yakni data tarik pengunjung, homestay dan toilet, digital dan kreatif, suvenir, serta kelembagaan desa wisata dan CHSE.

 

Sedangkan untuk Pendaftaran peserta dimulai pada tanggal 30 Januari – 26 Februari 2023 lalu. Para peserta wajib menjadi bagian dari keanggotaan di Jaringan Desa Wisata (Jadesta).

 

Penulis: Mukhlis

Editor: Ani

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *