BPBD Klaten Kirim 2.400 Dus Masker untuk Warga Desa Lereng Gunung Merapi

KLATEN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten, Jawa Tengah, mengirimkan bantuan masker sebanyak 2.400 dus ke desa-desa di Kecamatan Kemalang yang terletak di lereng Gunung Merapi. Pengiriman bantuan ini sebagai bentuk antisipasi dari aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang terus menunjukkan peningkatan.

 

“Jadi, pengiriman boks masker sebagai antisipasi terhadap kemungkinan yang terjadi di sekitar Gunung Merapi,” kata Sekretaris BPBD Klaten Nur Cahyono dihubungi, pada Senin (13/3/2023).

 

Menurut Nur, bantuan masker terlebih dahulu akan diserahkan ke pihak kecamatan untuk selanjutnya didistribusikan ke desa di Kecamatan Kemalang.

 

“Paling tidak itu merupakan stok kami di Kecamatan Kemalang apabila sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak kita duga seperti abu vulkanik, maka itu bisa dibagikan pada warga termasuk pengunjung tempat wisata,” ungkap Nur.

 

Nur menyampaikan, sejak Gunung Merapi erupsi pada Sabtu (11/3/2023) sejak pukul 12.12 WIB hingga pukul 15.00 WIB tidak ada laporan desa di Klaten yang terkena dampak abu vulkanik.

 

Hasil koordinasi BPBD Klaten dengan pihak perangkat desa dan komunitas relawan yang berada di KRB III Gunung Merapi yakni Desa Balerante, Desa Sidorejo, dan Desa Tegalmulyo, Kemalang dipastikan keadaan masih aman terkendali dan tidak terjadi kepanikan atau gejolak masyarakat.

 

“Tiga desa dan beberapa desa lain juga tidak terjadi hujan abu akibat awan panas guguran Gunung Merapi dikarenakan arah angin bertiup ke barat laut utara,” pungkas Nur.

 

 

Penulis: Erdhi

Editor: Solehah

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *