Site icon Kolom Desa

Pemkab Jember Targetkan dapat Mandiri Pangan pada 2024

JEMBERPemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menargetkan pada 2024 mendatang pihaknya dapat menjadi Kabupaten mandiri pangan. Bupati Jember, Hendy Siswanto optimis target itu dapat dicapai, terlebih pada tahun 2021 BPS menetapkan Jember sebagai Kabupaten surplus beras yang mencapai 200 ribu ton.

 

“Tahun depan kami juga akan fokus pada bidang pertanian. Jember punya wilayah pertanian yang berpotensi, sehingga wes wayahe Jember mandiri pangan dan mandiri pupuk diharapkan juga bisa tercapai pada 2024,” kata Bupati Jember Hendy Siswanto, usai menggelar pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Jember tahun 2024, Senin (13/3/2023).

 

Menurut Hendy, target untuk mencapai mandiri pangan sangatlah penting untuk dicapai. Sebab, melalui capaiaan itu Kabupaten Jember dapat menuntaskan tiga masalah dasar yakni, stunting, angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB). Karena kebutuhan dasar masyarakat berupa pangan dapat terpenuhi secara maksimal.

 

Selain itu, dalam Musrenbang, Hendy juga berkomitmen akan menjamin setiap akses infrastruktur yang menjadi kebutuhan para petani. Termasuk infrastruktur jalan yang menghubungkan dengan lahan pertanian masyarakat.

 

“Kami juga lakukan perbaikan penerangan jalan umum (PJU), sehingga tahun depan juga harus tuntas persoalan PJU di Jember,” ujarnya.

 

Penulis: Danu

Editor: Ani

Exit mobile version