Wujudkan Kemandirian Pangan, Desa Tiris Kembangan Usaha Peternakan Sapi

PROBOLINGGO – Pemerintah Desa Tiris, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, tengah mengembangkan unit usaha perternakan pada komoditas sapi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian pangan masyarakat setempat.


“Pemerintah desa mulai merintis peternakan sapi. Tahap awal akan dibangun kandang semipermanen berukuran 12 meter kali 5 meter. Lokasinya, di tanah milik desa di RT 22/RW 5, Dusun Manggis,” ujar Sekretaris Desa Tiris, Husen Mansyur, Rabu (8/3/2023).


Husen Menjelaskan, pihaknya berencana akan melakukan pengadaan dengan membeli anakan sapi lokal. Menurutnya, ternak sapi cukup menjanjikan untuk dikembangkan di desa Tritis. Sebab, desa Tritis memiliki kondisi geografis yang cukup mendukung untuk mengembangkan sektor peternakan. Desa Tritis memiliki ketersediaan pangan yang cukup melimpah. 


Lebih lanjut, Husen Mansyur menambahkan, nantinya pemerintah Desa tiris akan merangkul peternak desa untuk pemeliharaan sapi. Hal tersebut nantinya menjadi program kerja sama serta membuka lapangan pekerjaan untuk warga desa tiris.


“Realisasinya nanti sekitar bulan Juni-Juli. Jauh-jauh hari sebelumnya sudah kami siapkan dengan matang. Warga yang sudah pengalaman berternak akan kami rekrut untuk jadi tenaga pemelihara,” ungkapnya.


Diketahui, peternakan sapi ini merupakan pengembangan dari peternakan domba sebelumnya yang dilakukan oleh pemerintah desa Tiris. Hingga saat ini populasi domba ternak di desa Tiris semakin bertambah.


“Peternakan domba sudah jalan. Sudah beranak tiga ekor. Sayangnya, satu ekor mati. Jadi, saat ini total 33 ekor. Belum kami jual karena memang masih fokus untuk pembesaran,” jelasnya.


Pihaknya berharap, rencana yang dilakukan pemerintah desa Tiris dapat sejalan dengan pembangunan infrastruktur desa. Sehingga kemandirian pangan bagi masyarakat desa dapat tercapai.


Penulis : Mukhlis

Editor : Ani

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *