Wabup Pasuruan Ajak Pemuda Desa Ambil Peran untuk Memajukan Desa Wisata

PASURUAN – Wakil Bupati Pasuruan, Mujib Imron mengatakan, pemuda desa memiliki peran besar untuk ikut andil dalam memajukan desa wisata. Keterlibatan anak muda dinilai akan menjadi poin utama dalam pendirian dan  pengelolaan Desa Wisata.


Hal tersebut ia katakan saat membuka Pelatihan Pengembangan Kompetensi SDM dan Ekonomi Kreatif Tingkat Dasar Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) di Wilayah Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.


“Dalam pembentukan POKDARWIS Untuk memperkuat sektor desa wisata, di dalamnya harus ada anak-anak muda yang memiliki inovasi dan kreatifitas. Tapi generasi sepuhnya juga harus bertanggung jawab mengarahkan,” kata Wakil Bupati Pasuruan, Mujib Imron saat membuka pelatihan pengembangan kompetensi SDM, Selasa (7/3/2023).


Menurut Mujib, dengan pengelolaan wisata yang baik, Pemerintah Kabupaten Pasuruan dapat mewujudkan Desa Wisata yang baik dan berkesinambungan. Terlebih saat ini, pariwisata merupakan sektor yang sangat penting dalam penguatan ekonomi.


“Sektor Pariwisata itu penting karena saat ini semua berjualan pariwisata. Karena itu, butuh peningkatan kapasitas SDM pengelolanya juga yang harus kita kita perbaiki,” terangnya.


Untuk itu, pihaknya menyelenggarakan pelatihan pengembangan kompetensi SDM dan Ekonomi Kreatif tingkat Desa Klompok Sadar Wisata. Pelatihan ini memiliki fokus sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pengelolaan potensi wisata. Dengan demikian target desa wisata di setiap desa dapat terwujud.


Sebagai tindak lanjut dari pelatihan tersebut, para peserta akan diajak secara lansung desa wisata di Kota Solo. Harapanya, akan dapat menambah wawasan serta meningkatkan pengetahuan tentang pengelolaan Desa Wisata.


Penulis : Mukhlis

Editor : Ani

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *