Bupati Barito Utara Minta BPD Tingkatkan Etos Kerja

BARITO UTARA – Bupati Barito Utara Nadalsyah meminta para anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di daerahnya untuk terus semangat dan bisa meningkatkan etos kerjanya. Permintaan itu disampaikan saat acara pelantikan BPD di Aula Kecamatan Teweh Selatan, Senin (6/3/2023).

 

“Kepada seluruh anggota BPD untuk menjaga norma dan etika dalam hubungan kerja dengan lembaga desa lainnya, serta mengawal aspirasi warga, menjaga kewibawaan dan kestabilan penyelenggaraan pemerintah desa serta mempelopori pemerintahan desa berdasarkan tata kelola yang baik,” ucap Nadalsyah.

 

Menurut Nadalsyah, agar kinerja BPD bisa berjalan baik harus dibuatkan peraturan tata tertib yang dibahas dalam musyawarah bersama.

 

Selain itu, BPD perlu membuat laporan kinerja sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat desa dengan membuat laporan yang meliputi capaian pelaksanaan RPJM Desa, RKL Desa, APBDes, dan capaian penugasan pemerintah.

 

“Anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa berdasarkan perwakilan wilayah. Dengan begitu BPD berfungsi menetapkan peraturan desa dan berupaya menampung aspirasi masyarakat,” kata Nadalsyah.

 

Pemerintah desa juga dituntut untuk meningkatkan partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam proses pembangunan.

 

Menurut Nadalsyah, desa memiliki pemerintahan sendiri dalam penyelenggaraan pembangunan di wilayahnya. Kepala desa beserta perangkat dan BPD merupakan perwujudan demokrasi dalam pemerintahan desa.

 

“BPD dan kepala desa adalah mitra kerja dalam penyelenggaraan pemerintah desa. Sebagai mitra, hendaknya BPD dan kepala desa bisa bekerja sama sebaik mungkin dalam menetapkan kebijakan pembangunan,” pungkas Nadalsyah.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Solehatun.M

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *