Sambut Ramadhan, Ratusan Desa di Jatim Serentak Ikuti Kegiatan Ramadhan Heppiii 2023

PROBOLINGGO – Jelang ramadhan, ratusan desa yang tergabung dalam karang taruna (karta) Heppiii Community di wilayah Jawa Timur serentak menggelar kegiatan Ramadhan Heppiii. Tahun ini tema yang diambil dalam ramadhan heppiii adalah Gerakan bersama melakukan kebaikan.

 

”Pada Ramadan Heppiii tahun ini, kami banyak memilih kegiatan pengadaan lampu penerang jalan, ada penambahan 34 titik,” kata Koordinator Karta Heppiii Community Probolinggo Dwi Haryantoro, Rabu (1/3).

 

Rencananya kegiatan tersebut akan dilakukan dengan memperbaiki fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum). Seperti gapura, pos ronda, kemudian pengadaan lampu penerang jalan, hingga menambah fasilitas tempat ibadah pada momen bulan puasa.

 

Selain kegiatan memperbaiki fasum, nantinya kegiatan ini juga akan mengajak anak yatim membeli baju Lebaran, serta ziarah wali. Saat ini kegiatan tersebut tengah dipersiapkan untuk bisa dilaksanakan saat ramadhan.

 

Koordinator Karta Heppiii Community di Pasuruan Wahyu Samudra juga menyiapkan kegiatan Ramadhan Heppiii. Ia menargetkan tahun ini bisa melaksanakan kegiatan pengecatan tempat ibadah dan penambahan fasilitas untuk mengaji selama bulan puasa.

 

Sementara itu, Koordinator Heppiii Community tingkat nasional Ronald Theo Lesmana mengatakan, pihaknya akan terus mengarahkan karang taruna tiap desa bisa bergabung dengan komunitasnya untuk membangun desa.

 

Menurutnya, setiap desa memiliki kegiatan khusus sesuai dengan kebutuhan warga setempat. Ada desa yang memerlukan pengadaan lampu penerang jalan, ada juga yang digunakan untuk membantu anak yatim hingga pengadaan sembako untuk warga.

 

“Tahun ini ada 200-an desa dari 16 kabupaten/kota yang berpartisipasi, dimulai dari karang taruna di desa wilayah Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Kediri, Jombang, Madiun, Probolinggo, kemudian Jember, sampai Banyuwangi. Tahun ini, juga ada penambahan desa yang ikut di wilayah Pangkalan Bun,” katanya.

 

Dia berharap selain bisa membangun desa, warga juga makin rukun dan guyub, dan menambah nilai manfaat kepada yang lain. Kegiatan itu juga selalu ditunggu masyarakat setiap Ramadan.

 

Tahun ini, ada 16 daerah yang mengikuti Kegiatan tersebut. Setiap daerah, akan menyertakan sekitar 7 hingga 19 desa yang akan bersama-sama melakukan kegiatan Ramadhan Heppiii sepanjang bulan puasa.

 

Penulis: Erdhi

Editor: Solehatun.M

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *