Bangun Kemandirian Usaha Masyarakat, Desa Tanonikoo Kembangkan Inovasi Budidaya Lele

Ilustrasi Budidaya Ikan Lele di Desa. Sumber Foto: pixabay.com
Ilustrasi Budidaya Ikan Lele di Desa. Sumber Foto: pixabay.com

NIAS SELATAN – Untuk membangun kemandirian masyarakat desa dalam bidang usaha, Pemerintah Desa Tanonikoo, Kecamatan Gomo, Kabupaten Nias Selatan Sumatra Utara, berencana akan kembangkan budidaya bibit ikan lele.

 

“Kami Pemerintah desa melalui Musyawarah Desa bersepakat untuk mengembangkan budidaya bibit ikan lele. Hal tersebut bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat desa agar mampuh berkembang dan berkereasi di bidang usaha,” ungkap Kepala Desa Tanonikoo, Kecamatan Gomo, Kabupaten Nias Selatan, Saferman Hulu, Rabu (22/2/2023).

 

Ia mengungkapkan, untuk proses pembibitan saat ini masih diperuntukan terhadap kelompok tani. Nantinya jika berhasil akan beralih ke masing masing keluarga untuk melakukan pembibitan secara mandiri.

 

“Untuk saat ini sasaranya adalah pembagian bibit terhadap kelompok tani untuk sementara, nantinya jika berhasil dapat memberikan contoh kepada masyarakat,” terang Kepala Desa.

 

Pihaknya berharap, melalui program inovasi tersebut masyarakat desa mampuh untuk berinovasi melakukan kemandirian usaha serta dapat memberikan manfaat dalam hal kemandirian ekonomi masyarakat desa.

 

Sebagai Informasi, Desa Tanonikoo sebelumnya juga mengadakan program penanaman bibit Kelapa Hibrida dan pinang betara. Hal tersebut dalam rangka mendukung program ketahanan pangan di tingkat desa.

 

Penulis: Mukhlis

Editor: Ani

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *