Desa Lumbang Guring Butuhkan Embung Desa untuk Atasi Krisis Air

Ilustrasi Lahan Pertanian Desa yang Mengalami Kekeringan. Sumber Foto: pixabay.com

TOBA SAMOSIR – Desa Lumbung Gurning adalah salah satu desa yang dilanda kekeringan. Untuk mengatasi hal itu perlu adanya pembangunanan lumbung desa sebagai penampung pasokan air untuk lahan pertanian.

 

“Sawah di desa kita ketika musim kemarau sangat membutuhkan air, oleh karna itu kami membutuhkan pembangunan Embung Desa untuk menampung pasokan air untuk lahan pertanian,” kata Kepala Desa Lumbang Gurning, Laksahu Gurning, Kamis (16/2/2023).

 

Ia menambahkan, hingga saat ini lahan di desanya masih sering mengalami gagal panen. Hal ini disebabkan karena curah hujan yang tidak cukup menyangga kebutuhan pengairan di lahan masyarakat setempat.

 

“Kita sering kali mengalami gagal panen, serta sampai saat ini kita belum menemukan solusi saat sawah sudah memasuki musim kemarau karna kita hanya mengharapkan air hujan saja,” terangnya.

 

Selama ini, pihaknya telah berupaya untuk mengajukan proposal bantuan ke Pemerintah Daerah dan Pemerintah Provinsi untuk mendapat bantuan pembangunan embung desa. Namun sampai saat ini belum ada penanganan.

 

Ia beharap, permasalahan gagal panen dan kekurangan air untuk lahan pertanian segera mendapatkan solusi dan penanganan. Sebab mayoritas masyarakat menggantungkan penghasilan dari hasil pertaniannya.

 

Penulis: Mukhlis

Editor: Ani

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *