Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Anggap UU Desa Beri Dampak Positif bagi Desa

Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Eko Prasetyanto Purnomo Putro saat Rakornas Penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Jakarta, Selasa (14/2). Sumber foto: binapemdes.kemendagri.go.id
Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Eko Prasetyanto Purnomo Putro saat Rakornas Penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Jakarta, Selasa (14/2). Sumber foto: binapemdes.kemendagri.go.id

JAKARTA – Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, menggelar Rakornas Penyelenggaraan Pemerintahan Desa pada Selasa (14/2/2023). Pada kesempatan itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemdes Kemendagri, Eko Prasetyanto Purnomo Putro menyampaikan banyak desa di Indonesia alami kemajuan setelah sembilan tahun UU Desa diterapkan.

 

Eko mengatakan bahwa perlu sinergi dari semua pihak untuk memajukan dan membangun desa. Berbagai kemajuan yang sudah dicapai juga harus bisa dipertahankan untuk bisa mencapai desa mandiri, maju dan sejahtera.

 

“Pemerintah dari pusat, daerah dan desa, pihak ketiga, akademisi, media massa dan masyarakat luas harus saling bersinergi untuk menjadikan desa maju, mandiri dan sejahtera,” kata Eko


Dirjen Bina Pemdes Kemendagri saat ini menjalin kerja sama dengan kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dalam upaya membangun desa di Indonesia. Ia berharap kedepannya dapat menjalin kerja sama dengan kampus lainnya.


“Kita mengharapkan dapat menjalin kerja sama dengan kampus lain,” ungkapnya.

 

Ia menambahkan bahwa salah satu upaya mewujudkan visi Indonesia 2045 yang digagas Presiden Joko Widodo adalah dengan memajukan desa. Menurutnya desa memiliki peran penting dalam setiap era.

 

Proses percepatan kemajuan desa bisa didorong dengan menjadikan desa-desa yang menjuarai lomba desa sebagai percontohan dalam pengembangan desa.

 

“Memang, meski menjadi desa juara, tidak berarti sudah sempurna, tetapi hal itu menjadi contoh untuk memajukan desa yang lebih baik dari waktu ke waktu,” pungkas Eko.

 

Penulis: Erdhi

Editor : Sol

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *