Bupati Sumenep Tekankan Penerima BLT digunakan untuk Belanja Kebutuhan Pokok

: Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat menyalurkan BLT Dana Desa Tahun 2023 di Kalianget Barat, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep pada Senin (13/2/2023) Sumber foto: sumenepkab.go.id
: Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat menyalurkan BLT Dana Desa Tahun 2023 di Kalianget Barat, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep pada Senin (13/2/2023) Sumber foto: sumenepkab.go.id

SUMENEP – Bupati Sumenep Achmad Fauzi, meminta keluarga penerima manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa supaya lebih bijak dalam menggunakannya. Ia ingin masyarakat menggunakan bantuan tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok.


“KPM hendaknya mempergunakan BLT Dana Desa ini sebaik mungkin agar memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, dengan menggunakan dananya untuk berbelanja kebutuhan pokok,” kata Fauzi saat Peluncuran Perdana Penyaluran BLT Dana Desa 2023 di Balai Desa Kalianget Barat, Kecamatan Kalianget, Senin (13/2/2023).


Ia ingin penggunaan BLT digunakan untuk memenuhi kebutuhan para KPM. Fauzi khawatir jika bantuan tersebut tidak digunakan dengan semestinya, maka tujuan awal BLT Dana Desa untuk menyejahterakan masyarakat akan sulit terpenuhi.


Hal tersebut disampaikan sebab hingga saat ini ia masih mendapatkan laporan tentang KPM yang menggunakan BLT Dana Desa tersebut untuk keperluan tidak penting.


“Sekali lagi saya tegaskan, KPM hendaknya membelanjakan untuk kebutuhan pokok seperti membeli beras, telur, minyak goreng, jangan berbelanja keperluan yang tidak penting. Apalagi KPM merupakan keluarga yang benar-benar membutuhkan bantuan sesuai dengan kriteria petunjuk teknisnya,” jelasnya.


Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep Anwar Syahroni menyampaikan pada tahun 2023 Kabupaten Sumenep mendapatkan pagu Dana Desa lebih dari Rp 350 miliar. Anwar juga menyampaikan pada triwulan pertama ada 278 desa yang menerima BLT Dana Desa.


“Desa yang melakukan pencairan untuk kegiatan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa triwulan satu sebanyak 278 desa sebesar sekitar Rp 8 miliar dengan jumlah sasaran 9.109 Keluarga Penerima Manfaat,” pungkasnya.

 

Penulis: Erdhi

Editor : Sol

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *