Pemdes Huta Lombang Terus Kembangkan Pemasaran Gula Aren dan Cabai Merah

MANDALING NATAL– Desa Huta Lombang, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Sumatera Utara, dikenal sebagai kawasan yang memiliki produk unggulan berupa gula aren dan cabai merah. Tak mau tinggal diam, Pemdes setempat pun terus mengembangan dua produk unggulan itu, sekaligus terus melebarkan pemasarannya.

“Kami beserta masyarakat desa sedang mengembangkan produk desa yang turun temurun dari dulu yaitu gula merah. Rencananya, akan kami kembangkan sehingga bisa menjadi produk yang bisa dipasarkan dapat melalu BUMdesa atau UMKM,” ungkap kepala desa Huta Lombang, Ashar Nasution, Rabu (13/2/2023).

 

Ia menjelaskan, produk Gula Aren merupakan produk unggulan yang turun temurun konsisten dikembangkan oleh masyarakat. Ia menghimbau masyarakat untuk dapat mengelola gula aren dengan berbagai inovasi. Hal ini bertujuan agar produk gula aren memiliki banyak varian olahan, sehingga dapat lebih mudah dipasarkan melalui BUMDes.

 

Tak hanya gula aren, Ashar menyebut desa Huta Lombang juga memiliki produk unggulan lainya yakni berupa cabai merah. Saat ini produk cabai merah desa Huta Lombang telah banyak dikenal masyarakat di kawasan Sumatera Utara.

 

“Disini juga ada yang bagus cabainya. Karena memang daerah kita kan dataran tinggi jadi panen yang cukup menghasilkan ya tanaman cabai,” terangnya.

 

Ia berharap, semua produk unggulan di desa termasuk gula aren dan cabai akan direncanakan untuk menjadi produk BUMDes yang nantinya bisa memberikan anggaran pendapatan Desa.

“ini akan kami bentuk kelompok tani dulu yang nantinya bisa kita arahkan ke BUMdes dari produk – produk unggulan desa kita,” pungkasnya.

 

Penulis : Mukhlis

Editor : Ani

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *