PKK Desa Beleke NTB Olah Limbah Plastik jadi Inovasi Kerajinan Tangan

LOMBOK BARAT – Kelompok Pemberdaya Kesejahterann Keluarga (PKK) dari desa Beleke, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat mebuat inovasi dari limba plastik dan kertas untuk dijadikan krajinan tangan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kegiataan ekonomi bagi ibu- ibu PKK.

“Harapan kami kedepannnya, kelompok PKK Desa Beleke lebih dapat berkembang dan inovatif dalam memanfaatkan limbah plastik ini menjadi sebuah kerajinan yang bernilai ekonomi tinggi. Serta produk kerajinan dari kami dapat dikenal luas dan bisa masuk  ke pasar-pasar modern dan pusat oleh-oleh di Nusa Tenggara Barat,”  ungkap ketua kelompok PKK Desa Beleke,  Florita Kurniawati, Kamis (9/2/2023).

 

Dalam prosesnya, kerajinan tangan yang dihasilkan merupakan sampah sampah plastik dari limbah rumah tangga yang telah dikumpulkan. Selanjutnya, diolah menjadi kerajinan dengan berbagai macam jenis, diantaranya tas, gantungan kunci, topi, bunga hias dan bross.

 

Kegitan ini tidak hanya memiliki nilai ekonomis saja. Namun juga peluang untuk mengikuti berbaga kompetisi kesenian.

 

Terbukti PKK Desa Baleke telah meraih berbagai penghargaan, diantaranya juara tiga dalam Seleksi Inovasi pengolahan sampah bagi ketua TP PKK Desa Tingkat Kabupaten Lombok Barat. Lalu, menjadi salah satu perwakilan Kabupaten Lombok Barat dalam ajang yang sama pada Tingkat Provinsi dan berhasil meraih juara dua.

 

 

Penulis : Mukhlis

Editor : Ani

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *