Pembangunan Terealisasi, PSAB Desa Sendangagung Cukupi Kebutuhan Air 2000 Warga

LAMONGAN – Pembangunan Sarana Air Bersih (PSAB) Desa Sendangagung, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan berhasil dirampungkan. Hingga akhirnya desa Sendangagung mampu mencukupi kebutuhan air bersih 2000 warga.

Buoati Lamongan Yuhronur Efendi mengakatan, pembangunan PSAB merupakan wujud dari realisasi dana dusun 2022 dan DAK 2022. Secara fisik pembangunan itu berupa tower setinggi 6 meter dan sumur bor 54 meter sehingga cukup untuk 2000 warga.

“Dana dusun yang kita berikan harus diutamakan untuk menyokong dan melengkapi fasilitas untuk masyarakat. Dan tentunya untuk mencukupi kebutuhan masyarakat,” jelasnya, Kamis (9/2/2023).

Sementara itu, Kepala Desa Sendangagung Panut Supodo mengatakan, dengan hadirnya PSAB  kebutuhan air masyarakat tercukupi. Karena keadaan sebelumnya sangat minim ketersediaan air.

“Dulu kami menunggu air keluar, sekarang 24 jam air mengalir dan dapat digunakan karena kualitasnya yang sangat baik,” ungkapnya saat menyampaikan laporan.

Ia menambahkan, kualitas yang dihasilkan cukup baik, yakni tidak berwarna, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak ada rasa layaknya kriteria air bersih yang ditetapkan World Health Organization (WHO).

“PSAB terus dimaksimalkan kinerjanya, dengan menambah aliran PSAB ke rumah warga. Bermula 50 aliran, kini menjadi 81 aliran,” pungkasnya.

Penulis: Rizal

Editor: Ani

Print Friendly, PDF & Email
Ikuti berita Kolomdesa.com terupdate di:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *